Arca Gajah Rusak, Disbudpar Tutup Mata

by -145 views
TERBENGKALAI: Situs Arca Gajah, peninggalan Kerajaan Tarumanegara sepertinya tidak terurus. Bahkan tanpa papan dan pagar yang melindungi situs bersejarah tersebut.

METROPOLITAN – Situs Arca Gajah yang tersimpan di depan SDN Ciampea O2,  Desa Ciampea, Kecamatan Ciampea, tidak terurus.

Padahal, arca gajah dengan panjang satu meter merupakan peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

Sayangnya, kondisi belalai gajah sudah patah dan sekitar situs gajah banyak material bangunan sekolah.

Kepala Desa Ciampea, Suparman mengatakan, arca gajah dengan panjang satu meter dan 60 cm di simpan di depan halaman SDN  Ciampea 02 sudah puluhan tahun.

Karena tidak ada papan keterangan  dan tidak terpagar akibatnya belalai gajah patah.

“Kita bakal panggil pihak sekolah yang sudah membiarkan Situs Gajah rusak. Jika pihak sekolah tidak mau merawat situs arca Gajah,  kita bakal pindahkan ke Makam Pahlawan belakang kantor desa agar lebih terurus,” ujarnya.

Terpisah, Volenter Budayawan Bogor, Ki Mande sangat menyayangkan kondisi arca gajah yang merupakan peninggal Kerajaan Purnawarman, kondisinya tidak terawat dan rawan dicuri.

Terlihat, sejak dulu situs gajah hanya dibiarkan tergeletak di depan sekolah, tanpa ada keterangan bahwa situs tersebut merupakan benda bersejarah.

“Karena tidak ada keterangan terkait situs tersebut, sehingga dengan mudah dirusak orang. Mereka berfikiran, gajah mini tersebut, hanya batu biasa yang dibisa dibuat,” bebernya.

Ki Mande menegaskan, saat ini masih banyak situs bersejarah yang belum tercatat di Disbudpar Kabupaten Bogor jika dibiarkan, benda berserjarah bisa dijual belikan .

“Ini pekerjaan rumah Disbudpar Kabupaten Bogor, peduli atau tidak sama benda berserjarah. Kalau melihat sekarang  ini, wajar saja banyak situs yang hilang dan rusak karena Disbudpar seperti tak peduli,” tukasnya.

Saat Metropolitan mencoba menghubungi Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Muladi, lewat sambungan telpon terkait hal tersebut namun tidak mendapatkan jawaban. (ads/b/suf)