Bentuk Karakter Siswa lewat ‘Cahaya Pagi’

by -37 views
SOPAN: Para pelajar SMPN 15 Kota Bogor terlihat sopan saat menyalami para gurunya sebelum mengikuti kegiatan Cahaya Pagi di sekolahannya, kemarin.

METROPOLITAN – Setiap sekolah memiliki cara tersendiri dalam membentuk karakter siswanya. Seperti yang dilakukan SMPN 15 Kota Bogor. Mereka membentuk lima karakter siswanya yaitu religius, nasionalis, gotong royong, integritas serta mandiri melalui giat Cahaya Pagi.

Pantauan Metropolitan di SMPN 15 Kota Bogor sekitar 07:00 WIB, Kepala Sekolah beserta puluhan guru berjejer di depan gerbang utama hingga pintu sekolah. Mereka dengan senyum dan sapa serta salam menyambut kedatangan siswa-siswi berseragam putih biru itu yang nampak berlarian bergegas memasuki pintu gerbang SMP Negeri 15 Kota Bogor.

Usai bersalaman dengan para guru, mereka segera masuk menuju halaman sekolah. Tepat pukul 07:10 WIB pintu gerbang sekolah itu ditutup petugas satpam sekolah. Kepala Sekolah berserta guru-guru pun bergegas menuju halaman sekolah secara bersama-sama.

Ratusaan siswa-siswi itu nampak berkumpul di halaman sekolah, dari mulai gaduh hingga menjadi tertib. Di awali dengan pembacaan doa bersama, mereka dengan khusyuk memanjatkan doa kepada Allah SWT secara agama Islam, sementara bagi siswa-siswi yang menganut agama lain, mereka juga nampak khususnya memanjatkan doa sesuai dengan agama yang dianutnya masing masing.

Satu pemandangan yang patut diaspresesasi oleh berbagai pihak, begitu indahnya suasana pertemanan dan persaudaraan yang rukun dan damai dari perpaduan berbagai agama, diantara siswa-siswi SMP Negeri 15 Kota Bogor. Lebih indah lagi, usai berdoa bersama, mereka yang beragama Islam melanjutkan dengan kegiatan Tadarus Al Quran.

Sementara bagi siswa-siswi yang menganut agama lain, mereka pun secara bersama sama, juga membaca al Kitab, sesuai kepercayaannya masing masing dengan tertib, hikmat dan saling menghargai.

Usai melakukan Tadarusan dan baca al Kitab, mereka kemudian berdiri tegap dengan rapi,  untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. “Baik para guru maupun karyawan SMP Negeri 15, mereka bersama-sama berdiri di samping teras sekolah untuk menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Setelah lagu kebangsaan Indonesia Raya selesai dikumandangkan, mereka secara bersama-sama melakukan kegiatan literasi,” kata Kepala SMP Negeri 15 Kota Bogor, Endang Mina.

Selama kegiatan itu berlangsung, pintu gerbang sekolah ditutup rapat. Hal ini untuk menghargai siswa-siswi lainnya yang sedang melakukan kegiatan di halaman sekolah. Sementara bagi yang datang terlambat, mereka harus menunggu sampai kegiatan pokok berakhir,” sambung Endang.

Waktu menunjukkan pukul 07:50 WIB, petugas satpam sekolah kembali membuka pintu gerbang dan siswa-siswi yang datang terlambat pun, segera masuk ke kelas masing-masing, untuk mengikuti kegiatan belajar seperti biasa.

Ini adalah kegiatan rutin yang kita laksanakan setiap hari di SMP Negeri 15 Kota Bogor dan kegiatan ini kita sebut ‘Cahaya Pagi’. Di mana tujuan dari kegiatan Cahaya Pagi ini adalah untuk membentuk lima karakteristik siswa yang religius, nasionalis, gotong royong, integritas serta mandiri,” tutup Endang.(ber/ar/rez)