BPBD Gelar Rakor Penanggulangan Bencana

by -
SERIUS: Sejumlah peserta serius mendengarkan pemaparan terkait koordinasi penanggulangan bencana alam.

SUKABUMI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi memastikan secara geografis Kabupaten Sukabumi merupakan daerah rawan bencana alam maupun nonalam yang berpotensi menimbulkan korban jiwa.

“Atas kondisi itu, BPBD menyelenggarakan rakor untuk meningkatkan koordinasi dan pemahaman antara stakeholder dalam penanggulangan bencana,” kata Ketua Panitia Rakor Penanggulangan Bencana M Asep Saepudin di Hotel Pangrango Salabintana, kemarin.

Rakor tersebut, jelas Asep, diikuti 90 peserta yang terdiri dari perangkat daerah, lembaga usaha, akademi hingga media massa. “Tujuannya meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi dalam hal penanggulangan bencana, memahami tugas dan fungsi masing-masing bila terjadi bencana,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri menilai penyelenggaraan rakor diperlukan dalam menyikapi penanggulangan bencana yang ada di Kabupaten Sukabumi. “Pada pelaksanaannya, penanggulangan bencana diperlukan koordinasi dan kerja sama yang terintegrasi di antara semua pihak terkait,” tuturnya.

Penanggulangan bencana, lanjut Iyos, tidak hanya fokus pada tataran pemerintah saja, tetapi juga memerlukan perhatian dan dukungan seluruh unsur masyarakat, akademisi dan media massa sebagai wujud tanggung jawab moral seluruh elemen.

“Mudah-mudahan acara ini senantiasa dijadikan momentum untuk menyatukan persepsi dan pemahaman, khususnya tentang pembagian tugas dan tanggung jawab antar-semua lapisan masyarakat,” pungkasnya. (ade/suf/run).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *