BPD seKecamatan Cibadak Digojlok BKAD

by -40 views

SUKABUMI – Ketua dan anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) seKecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di gedung Baleriung, PTPN VIII Kebun Sukamaju, kemarin.

Giat yang digagas Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Cibadak itu dalam peningkatan wawasan dan kapasitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai ketua dan anggota BPD. Bimtek tersebut dibuka secara resmi oleh Camat Cibadak Lesto Rosadi.

Ketua Panitia Hilmi Nurhikmat mengatakan, bimtek ersebut terselenggara berkat dukungan semua pihak dan dibiayai dana desa yang tertuang dalam APBDes 2019. Kegiatan itu diikuti anggota dan ketua BPD dari delapan desa dan berlangsung empat hari, 7-10 Oktober, yang terbagi dua gelombang.

“Gelombang pertama yakni Desa Batununggal, Karangtengah, Warnajati dan Neglasari. Kemudian untuk gelombang kedua giliran Desa Ciheulang Tonggoh, Tenjojaya, Pamuruyan dan Sekarwangi, ” jelas Hilmi.

Camat Lesto berharap apa yang disampaikan para pemateri dapat disimak dan dipahami sehingga mampu diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas di desa masing-masing.

“BPD harus menjadi kontrol pelaksanaan kegiatan pemerintah desa sekaligus mitra kepala desa dalam melaksanakan pembangunan di desa, ” ungkapnya.

BPD, lanjut Lesto, juga diharapkan dapat melaksanakan musyawarah desa sehingga dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kinerja pemerintah dan pembangunan di desa bisa tepat sasaran. Di tempat yang sama, Kepala Inspektorat Kabupaten Sukabumi Akhmad Mujadid dengan mengikuti bimtek, BPD akan dapat menambah wawasan, pengetahuan serta meningkatkan kapasitas diri sebagai ketua dan anggota BPD untuk melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai peraturan yang berlaku.

“Saya yakin dengan modal itu BPD lebih berperan maksimal mengawal dan mengawasi pengelolaan dana desa oleh pemerintah desa, sehingga tidak terjadi penyimpangan yang merugikan masyarakat, ” sebutnya. (ade/suf/run)