Buka Lowongan 839 Formasi CPNS

by -54 views

METROPOLITAN – Badan Kepegawaian Nasional (BKN), resmi menetapkan kebutuhan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Khusus di Kabupaten Bogor, hanya dijatah 839 formasi CPNS. Jumlah itu jauh di atas dari yang diajukan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bogor.

Kepala BKPP Kabupaten Bogor Zulkifli menjelaskan, dari jumlah yang diberikan oleh BKN, akan dibagi untuk formasi tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis. ‚ÄúDari 839 formasi, 392 untuk tenaga pendidikan, 219 tenaga kesehatan dan 228 tenaga teknis,” katanya, kemarin.

Sebelumnya, BKPP Kabupaten Bogor mengusulkan 370 formasi CPNS. Sementara untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) diusulkan 880 formasi. “Iya formasi yang diberikan lebik banyak dari yang diusulkan. Karena kita mendapat limpahan dari usulan formas PPPK. Informasinya untuk penerimaan PPPK baru dibuka tahun 2020,” jelasnya.

Dia menjelaskan, untuk pengumuman baru dilakukan pada November. “Tapi masih tentatif masih menunggu juklak-juknis dari Kementerian PAN-RB,” sambungnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin menjelaskan bahwa Kabupaten Bogor membutuhkan setidaknya 43 ribu ASN, karena sampai saat ini baru ada 17 ribu ASN yang melayani masyarakat di Bumi Tegar Beriman. Kebutuhan pegawai Pemkab Bogor pada sektor kesehatan, menurut orang nomor tiga di Pemkab Bogor itu sekitar 5.200 orang, namun baru terisi sekitar 1.800 orang. Kekurangan sekitar 3.300 orang ditutupi oleh Pegawai Tidak Tetap (PTT) lebih dari 1.000 orang. “Cuma 0,34 persen dibanding jumlah penduduk. Artinya, seorang PNS harus melayani sekitar 288 orang,” katanya.

Menurutnya, jumlah tersebut jauh dari kata ideal. Sebab, jumlah itu jauh di bawah rasio rata-rata nasional yang mencapai 1,9 persen atau 1:52 orang. Ia juga mengeluhkan setiap tahun ada 300-400 PNS yang pensiun, terutama dalam bidang pendidikan dan kesehatan. (cr2/c/els)