Bunda PAUD Apresiasi Seni dan Kreativitas Siswa

by -13 views

Bunda PAUD Kabupaten Sukabumi Hj Yanni Jatnika Marwan mengapresiasi acara seni dan kreativitas siswa PAUD tingkat Kabupaten Sukabumi di Taman Rekreasi Selabintana Sukabumi, kemarin.

“Saya sangat mengapresia­si pelaksanaan seni dan kre­ativitas siswa PAUD ini, ” kata Yanni kepada awak me­dia usai acara.

Menurutnya, masih ada di­kotomi tentang pengertian antara PAUD dan TK, padahal keduanya bertujuan membe­rikan motivasi tentang pem­belajaran di sekolah yang menyenangkan.

“Tentunya kita sebagai orang tua dan guru harus menunjuk­kan pembelajaran yang me­nyenangkan bagi murid PAUD dan TK. Tidak saja ikhlas, pembelajaran juga harus dilaksanakan di luar kelas untuk membangun kreativitas dan inovasi anak. Untuk di­ketahui, di Sukabumi ada 2.500 PAUD,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Su­kabumi Marwan Hamami meminta PAUD dapat mem­berikan kontribusi dalam membangun SDM yang ung­gul, dimulai proses pembe­lajaran, pendidikan karakter sesuai usianya.

“Persoalan ini tidak bisa hanya oleh guru, tapi juga orang tua harus ikut di da­lamnya. Sehingga walaupun sibuk, orang tua harus tetap memberikan pendidikan se­hingga pondasi anak harus benar-benar bisa dijaga sejak dini,” ujarnya.

Marwan menambahkan, pondasi ini sangat penting, apalagi Sukabumi menanam­kan nilai religius dan man­diri untuk membangun Su­kabumi yang lebih baik.

“Kegiatan di luar ruang kelas ini harus sering dilaksanakan bagi anak PAUD supaya anak bisa berkreativitas dengan baik dan berimajinasi sehingga kemampuan berpikirnya terus berkembang,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Suka­bumi Moch Solihin menyam­paikan, kegiatan apresiasi seni siswa dan guru PAUD 2019 yang digelarnya itu ber­tujuan menumbuhkan rasa percaya diri dan membangun sinergi antarguru PAUD. “Aca­ranya diikuti 110 guru dan 415 siswa PAUD dari 47 kecama­tan,” tandas Solihin. (ade/suf/run)