Bupati Sentil Dinas Malas

by -
Ade Yasin Bupati Bogor

METROPOLITAN – Buntut panjang lambatnya penyerapan anggaran yang dilakukan dinas di lingkup Pemerin-tah Kabupaten (Pemkab) Bogor membuat Bupati Bogor Ade Yasin berang. Setelah badan legislatif di Bumi Tegar Beriman mengancam akan memangkas anggaran dari tiga dinas tersebut, kini giliran orang nomor satu di Kabupaten Bogor itu yang secara langs-ung menyentil ketiga dinas tersebut.

Kemarin, perempuan yang akrab disapa AY itu memanggil ketiga kepala dinas yang malas. Di anta-ranya Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Mereka dipanggil secara langsung ke Pendopo Bupati. “Sudah saya mintai keterangan (kepada tiga dinas tersebut, red). Sekarang kita akan menekan SKPD agar tidak terjadi Sisa Lebih Pembi-ayaan Anggaran (Silpa) negatif,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Dari hasil pemanggilan, politisi PPP itu menjelaskan ada beberapa alasan yang disampaikan ketiga dinas tersebut. Untuk DPKPP dikarenakan masih banyak proyek yang dilelangkan. Bahkan ada pula proyek yang masih dalam persiapan lelang, sehingga kemungkinan akan ada Silpa Tahun Berkenaan.

Sementara untuk PUPR, ia menilai minimnya serapan anggaran bukan karena kesalahan dari dinas sepenuhnya. Beberapa faktor menjadi penyebab minimnya serapan anggaran dikarenakan adanya kontraktor yang sudah selesai melakukan pengerjaan tapi tidak mengambil termin. Sehingga membuat perkiraan serapan anggaran yang ada menjadi meleset dan mengakibat-kan data serapan anggaran rendah. Sedangkan untuk Dinkes, ia sudah menekankan agar serapan anggaran bisa berhasil karena masih ada waktu sampai Desember.

Sebelumnya diberitakan, kabar mengejutkan datang dari jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Bogor. Di sisa waktu dua bulan kurang, serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 di sejumlah OPD Pemkab Bogor masih rendah. (cr2/c/rez/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *