Cara Mudah Mencegah Naiknya Berat Badan di Kantor

by -38 views

METROPOLITAN – Sebelum terlambat, lakukan lima tips mudah ini untuk mencegah kenaikan berat badan saat di kantor.

kebiasaan ngemil sembarangan dan jarang bergerak saat bekerja bisa menjadi pemicu kenaikan berat badan.

Sering kali orang yang fokus bekerja di depan komputer akan merasa malas untuk berpindah tempat.

Alhasil semua akan ia kerjakan dengan duduk, termasuk saat makan.

Tanpa disadari duduk lama selama delapan jam kerja dan terus ngemil akan memberi dampak buruk bagi kesehatan.

Nah faktor-faktor inilah yang membuat anda akan kesulitan menjaga berat badan ideal.

Sebelum terlambat ayo rubah kebiasaan buruk tersebut sebelum berat badan melonjak tajam.

Melansir dari laman hellosehat.com, berikut lima tips mudah untuk mencegah kenaikan berat badan saat di kantor.

1.Membawa Bekal

Berbagai macam bekal buat vegetarian ataupun pecinta daging dan ikan (Instagram)

Pemicu kenaikan berat badan di kantor dapat berasal dari makan siang, camilan, dan hidangan yang Anda konsumsi pada perayaan di kantor.

Membawa bekal akan membantu Anda memantau asupan makanan yang Anda konsumsi setiap hari.

Agar manfaatnya lebih terasa, jangan batasi bekal Anda hanya untuk makan siang.

Siapkan pula camilan sehat untuk mengganjal perut pada waktu-waktu tertentu, misalnya pukul 10 pagi setelah sarapan atau pada sore hari.

Dengan begitu, Anda tidak akan terlalu tergoda untuk terus-menerus ngemil yang tak sehat.

2.Menyiapkan Camilan Sehat

Beberapa kantor menyediakan camilan gratis yang bisa diambil kapan saja.

Walaupun lezat, camilan tersebut biasanya tinggi gula, tinggi lemak jenuh, dan secara keseluruhan, tidak menyehatkan.

Camilan seperti ini memberikan kalori ekstra tapi tidak padat nutrisi.

Untuk mencegah berat badan naik di kantor, bekali diri Anda dengan pilihan camilan yang lebih sehat.

Mengacu pada American Heart Association, pilihan camilan yang disarankan antara lain:

– Buah-buahan segar atau buah-buahan kering tanpa gula tambahan

– Sayuran segar seperti paprika, wortel, brokoli, tomat ceri, edamame, dan timun Jepang

– Cracker, roti, dan produk lainnya yang berasal dari gandum utuh

– Kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, kenari, dan pistachio

– Yogurt rendah lemak atau bebas lemak

– Popcorn rendah garam

– Keju rendah lemak atau bebas lemak

3.Tidak Bekerja Saat Makan Siang

Kebiasaan multitasking ternyata dapat menjadi penyebab berat badan naik di kantor.

Ketika makan siang, cobalah untuk fokus pada makanan Anda.

Hindari melakukan kegiatan lain seperti bekerja di depan komputer atau memeriksa ponsel.

Jika konsentrasi terpecah, otak tidak bisa fokus terhadap apa yang Anda makan.

Hal ini membuat Anda cepat merasa lapar setelah makan siang.

Akhirnya, Anda lebih sering makan camilan pada jam-jam tertentu setelah makan siang.

4.Tidak Melampiaskan Stres dengan Makan

Beban pekerjaan adalah salah satu sumber utama stres.

Tak bisa dipungkiri, banyak pekerja kantoran yang melampiaskan stresnya dengan makan sambil bekerja.

Kebiasaan itu mungkin meredakan stres, tapi inilah yang membuat berat badan Anda naik di kantor.

Jika Anda makan untuk meredakan stres, Anda akan terus melakukannya.

Untuk mencegah kenaikan berat badan, lakukanlah kegiatan lain untuk meredakan stres Anda.

Misalnya melakukan teknik pernapasan, berjalan kaki, dan mengobrol sejenak.

5.Tetap aktif bergerak

Bekerja 8 jam sehari tidak menjadi penghalang untuk aktif bergerak.

Anda bisa melakukan gerakan-gerakan sederhana pada waktu tertentu.

Di antaranya saat berangkat, pada jam istirahat, atau setiap beberapa jam sekali di tengah waktu bekerja.

Berikut adalah beberapa tips agar Anda tetap aktif bergerak untuk mencegah berat badan naik di kantor:

– Berjalan kaki, naik kendaraan umum, atau bersepeda ke kantor bila memungkinkan.

– Berdiri dan berjalan setiap kali mengangkat telepon.

– Membawa bola fitness atau dumbbell dan gunakan pada jam-jam senggang.

– Mengencangkan otot dada dan perut selama 10 detik saat duduk.

Ulangi sebanyak 10 kali, lakukan setidaknya 3 kali dalam sehari.

– Meluruskan kaki kanan hingga sejajar dengan pinggul selama 10-15 menit.

Ulangi dengan kaki kiri.

– Berjinjit selama beberapa detik sambil berpegangan pada kursi.

Itulah lima tips mudah untuk anda pratekkan saat bekerja di kantor.

Yuk dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan dan mempertahankan berat tubuh yang ideal.

 (TribunStyle/Octavia Monalisa)