Cegah Kaki Gajah, UPT Kesehatan Ajak Camat Blusukan

by -14 views

METROPPOLITAN – Cegah kasus kaki gajah dan stunting supaya tidak meluas, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesehatan Puskesmas Leuwiliang meninjau wilayah Desa Cibeber II yang menjadi lokasi khusus berlangsung di lima titik posyandu, kemarin.

”Ini tahun terakhir, dengan harapan bebas dari kaki gajah dan kenapa harus di sini karena menjadi lokus stunting juga sekaligus tahun ini bebas stunting, ” kata Kepala Puskesmas Leuwiliang, Dian Nurdiani.

Kalau kasus kaki gajah sudah lama tak terjadi. Terakhir di Desa Karehkel 2016-2017 dan tidak ada penambahan lagi.

”Mengenai kasus stunting sudah terjadi penurunan dan perubahan perkembangan baik sekitar 75 persen, karena kasusnya tidak terlalu banyak dari 15 kasus menurun 9 ka-sus dan faktor stunting terdeteksi dari 1.000 hari kehamilan, ” tuturnya.

Lalu, Camat Leuwiliang, Daswara Sulanjana, menjelaskan, kegiatan ini bagian dari program Bogor Sehat. Artinya, bentuk nyata pemerintah ke masyarakat dan tahun terakhir sudah dilaksanakan bertahap dan bebas kaki gajah.

“Sementara ini sih belum dengar laporannya, karena ketika terjangkit obatnya susah dan lebih mudah mencegah. Ini salah satu bagian pelayanan kesehatan bagi masyarakat, ” tukasnya. (ads/b/els/py)