Ciparigi Miliki Pelayanan Satu Pintu

by -15 views

METROPOLITAN – Walikota Bogor, Bima Arya meresmikan Program Pelayanan Adminis­trasi Terpadu Satu Pintu (PPATSP) di Kantor Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, kemarin. Layanan ini memberikan kemudahan ke­pada warga dalam mengurus dokumen atau administrasi di kelurahan tanpa harus bolak-balik ke kantor kecamatan.

“Kita harus bisa membaca tanda-tanda zaman, harus berinovasi setiap hari tanpa henti karena jika tidak akan tertinggal bahkan di bully. Manfaatkan kemudahan dari perkembangan tekno­logi yang ada untuk terus berinovasi dan berlari. Men­jadi kewajiban kita untuk melayani dan memudahkan warga karena itu kemewahan kita,” kata Bima.

Ia juga meminta kepada warga untuk membantu mengawasi, mengoreksi ser­ta mengevaluasi penerapan program layanan ini. “Ino­vasi tidak harus membutuh­kan modal besar, dua modal utama dari satu inovasi ada­lah ide dan kemauan. Asal mau berpikir dan mau melaks­anakannya,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Bogor Utara, Rahmat Hidayat ber­harap melalui program laya­nan ini, warga tidak perlu jauh-jauh datang ke kecama­tan. “Pengurusan semua jenis layanan administrasi cukup di proses di kelurahan. Man­faat lain warga terhindar dari kemacetan, cuaca yang tidak menentu dan risiko lain­nya,” kata Rahmat.

Program ini, sambung Rah­mat, memberikan manfaat yang cukup besar bagi warga, khususnya yang tidak memi­liki kendaraan pribadi, para lansia, penyandang disabilitas, ibu hamil atau menyusui, yang sedang menderita penyakit, kurang mampu atau warga yang tidak memiliki waktu untuk mengurus keperluan administrasi.

“Kurang lebih ada 12 jenis pelayanan yang diakomodir dan membutuhkan pengesa­han camat, mulai surat per­nyataan ahli waris, surat ke­terangan pindah dan datang, surat keterangan daftar kelu­arga, SKCK, surat kematian, surat keterangan keramaian, surat pernyataan domisili calon haji dan domisili yaya­san, SKTM, surat pemberita­huan keberatan tetangga hingga legalisasi dokumen,” jelasnya.

Program Pelayanan Admi­nistrasi Terpadu Satu Pintu ini sudah diujicobakan sejak Agustus 2019. Menyediakan 3 waktu pengiriman berkas oleh petugas kurir kelurahan di setiap hari kerja yakni jam 10:00 WIB, jam 13:00 WIB dan jam 15:00 WIB.

Adapun produk adminis­trasi yang telah ditandatan­gani camat dapat diambil di kantor kelurahan, kurang lebih satu setengah jam sete­lah berkas dikirim ke keca­matan. Kecuali surat pernya­taan ahli waris, surat kete­rangan keramaian dan surat keterangan domisili membu­tuhkan waktu 1 hari. Dan untuk surat pemberitahuan tidak keberatan tetangga mem­butuhkan waktu 3 hari.(*/rez)