Debit Air Ciburial Kecil, Pasokan PDAM Terganggu

by -37 views
ANTRE: Sejumlah warga Bumi Tegar Beriman saat mengisi air dari salah satu rumah warga yang masih menggunakan sumur lantaran PDAM Tirta Kahuripan mengalami penurunan debit air akibat kekeringan.

METROPOLITAN – Kondisi kekeringan masih melanda sebagian Bumi Tegar Beriman. Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bertugas untuk mengalirkan air kepada masyarakat, PDAM Tirta Kahuripan mengaku alami kesulitan untuk melayani masyarakat secara optimal.

Melalui edaran yang dibagikan perusahaan berpelat merah tersebut, saat ini PDAM Tirta Kahuripan sedang mengalami penurunan debit air yang akan berpengaruh pada penyaluran air kepada pelanggan. Pelanggan PDAM juga diimbau untuk menampung air di dalam bak air serta berhemat dalam penggunaannya.

Wilayah pelayanan yang terganggu meliputi wilayah Teplan dan Pangkalan Raya. Untuk mengatasinya, PDAM melakukan upaya jangka pendek, yakni dengan mengatur pengaliran untuk daerah Teplan dan Pangkalan Raya. Selain itu menerjunkan bantuan air bersih melalui mobil tangko secara terjadwal.

Kepala Bagian Humas PDAM Tirta Kahuripan, Agus Riyanto mengatakan, mata air Ciburial mengalami kekeringan. “Kita juga menyiagakan mobil tangki yang akan didistribusikan seusai antrian dan bisa dihubungi ke cabang terdekat jika membutuhkan,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Lebih lanjut, ia mengaku tidak bisa memprediksi sampai kapan terjadinya kekeringan. Sebanyak 14 water plan (WTP) yang tersebar di 14 sungai juga sudah mulai mengalami penurunan debit air.

“Sebelas mata air dan sumur bor juga mengalami hal yang serupa. Kita akan semaksimal mungkin untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik,” jelasnya.

Walaupun beberapa wilayah Bogor sudah mulai turun hujan, ternyata tidak serta-merta membuat distribusi air membaik, sebab WTP tidak dapat berfungsi jika banyak lumpur yang terbawa aliran air sungai yang kotor. “Sampah yang masuk ke mesin kita juga membuat kita kesulitan,” ujarnya.

Dengan adanya masalah ini, manajemen PDAM Tirta Kahuripan meminta maaf kepada pelanggan yang terdampak. (cr2/b/els)

Loading...