Deretan Olahraga yang Tepat Bila Mood Terasa Buruk

by -76 views

METROPOLITAN – Bangun pagi terkadang bisa mempengaruhi moodmu, dan jika tak segera teratasi tentu bisa berdampak pada hari-harimu. Rasa kesepian, marah, depresi, hingga cemas bisa muncul saat bangun tidur.

Tentu kamu tak ingin mood buruk ini terus menghantuimu seharian. Ada beberapa olahraga yang tepat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sesuai mood yang kamu rasakan. Beberapa olahraga bisa dilakukan pagi ini, tak perlu waktu lama dan hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit, namun beberapa juga bisa kamu lakukan di kelas sore atau malam bila tak ada kelas pagi.

1. Merasa kesepian: kelas zumba, dansa, aerobik

Kelas zumba, dansa, dan aerobik masih menjadi jenis olahraga yang digandrungi. Beberapa kelas ada yang dilaksanakan di pagi hari, namun apabila kamu tak sempat melakukannya, kamu bisa melakukannya di sore hari. Rasa kesepian yang muncul saat bangun tidur bahkan tanpa alasan apapun bisa dirasakan semua orang. Jangan mengurung diri atau membatasi interaksi dengan orang lain dan lakukan olahraga yang melibatkan aktivitas grup yang membuatmu bersosialisasi dan merasa lebih rileks.

2. Marah: tinju, HIIT

Bukan hal yang tidak mungkin untuk merasa marah di pagi hari saat bangun tidur. Ketimbang terbawa seharian, kamu bisa ‘melampiaskan’ lewat olahraga seperti tinju, kickboxing atau HIIT (High-intensity interval training) dan juga bela diri. Olahraga ini sangat tepat bagimu untuk menyambung energi dan membakar banyak kalori. Selain itu, olahraga ini juga membantumu lebih percaya diri, melatih kedisiplinan serta fokus. beberapa gym menyediakan kelas pagi untuk jenis olahraga ini. 

3. Depresi: lari, bersepeda, berjalan

Depresi merupakan penyakit mental yang umum namun seringkali diabaikan oleh banyak orang. Jika kamu merasa depresi, jangan mengurung diri di dalam kamar saat bangun tidur karena akan memperburuknya. Manjakan dirimu dengan beberapa aktivitas di luar ruangan, sesimpel berjalan, berlari atau bahkan bersepeda. Olahraga ini sangat tepat bagi mereka yang mengidap depresi, atau sering merasa depresi saat bangun tidur. Menghirup udara segar akan memberi perbedaan besar dan meningkatkan moodmu. 

4. Cemas: yoga, pilates

Pagi ini merasa cemas? Lakukan yoga atau pilates yang bisa kamu lakukan di rumah melalui beberapa video tutorial. Olahraga ini bisa merilekskan pikiran dan menaikkan mood. Selain itu, yoga dan pilates juga meningkatkan fokus mental dan kelenturan. Jika tidak semakin membaik, maka kamu perlu mengontak spesialis. (frp/up)