Dewan Puji Kinerja Bapenda

by -

METROPOLITAN – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bogor, menutup triwulan ke-3 dengan capaian yang baik. Pendapatan dari sektor pajak hotel yang ditargetkan Rp77 miliar, nyatanya sekarang sudah mencapai Rp80 miliar, atau 104,30 persen. Selain itu, untuk pajak restoran juga sudah mencapai Rp141 miliar dari target yang ditetapkan sebanyak Rp144 miliar.

Kepala Subbidang PAD Bapenda Kabupaten Bogor, Ningsih menjelaskan memang dua sektor pajak tersebut merupakan target utama dari pendapatan di 2019. Hal tersebut lantaran Kabupaten Bogor yang saat ini mengusung program ‘The City of Sport And Tourism’ menjadikan sektor pariwisata sebagai target utama pendapatan. “Kita akan terus berusaha semaksimal mungkin terus memantau potensi-potensi pendapatan yang ada di Kabupaten Bogor,” terangnya.

Melihat kinerja Bapenda yang sudah menunjukkan adanya peningkatan, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengapresiasi kinerja SKPD tersebut. Ia mengakui sektor pariwisata harus bisa menjadi lumbung pendapatan bagi Bumi Tegar Beriman. Tetapi, politisi Partai Gerindra tersebut menyayangkan kinerja para dinas yang tidak maksimal dalam hal serapan anggaran.

Jika RAPBD 2020 nanti sudah ada ditangannya, orang yang akrab disapa mas Rudy, itu akan memangkas kegiatan yang tidak jelas dan tidak terserap. “Ini kan sudah menjadi agenda tahunan, seharusnya mereka (SKPD) bisa bekerja lebih baik lagi lah, dalam hal menjalankan programnya. Kalau tidak bisa bekerja, copot saja,” tegasnya.

Ia pun merasa gusar dengan anggaran yang diperkirakan mencapai Rp7 triliun untuk pembangunan Kabupaten Bogor, malah disia-siakan para dinas-dinas yang ada. Kendati tidak dilibatkan dalam pembahasan KUA-PPAS yang dirancang anggota dewan sebelumnya. Tangan kanan Prabowo Subianto itu memberikan ultimatum kepada Pemerintah Kabupaten Bogor, untuk menyerahkan RAPBD paling lama pertengahan November nanti. “Kami tidak mau, nanti di APBD 2020, masih ada alasan lagi anggaran tidak terserap. Jadi ini memang harus dibedah lagi anggarannya,” tandasnya. (cr2/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *