Dianggap tak Transparan soal DD

by -37 views

SUKABUMI – Warga Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, melakukan aksi penyegelan kantor Desa Cidahu, kemarin.

Aksi itu dilakukan karena warga kecewa kepada Kepala Desa (Kades) Sarip yang tak transparan terhadap Dana Desa (DD).

“Sebenarnya warga tidak ada inisiatif untuk menyegel kantor desa. Namun sehubungan Pak Sarip tidak ada maka kantor disegel, ” ujar Ketua BPD Cidahu Jaenal Rohimat.

Menurut Jaenal, warga hanya ingin tahu realisasi pembangunan DD dari anggaran 2018 dan pelaksanaan 2019. Kendati disegel, pelayanan di kantor desa masih terus berjalan. Masyarakat bisa masuk melalui pintu belakang.

“Untuk sementara ini kantor desa masih disegel. Warga berharap yang membuka segel tersebut adalah kepala desa Cidahu. Sebelum aksi penyegelan kantor desa ini, warga sudah berkomunikasi secara baik-baik dengan kepala desa, ” imbuhnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Surade Aipda Feri Sahromi mengatakan, saat ini warga sudah kembali ke rumah masing-masing. Tujuan warga bertemu kepala desa yaitu mempertanyakan penggunaan DD 2018 maupun anggaran 2019.

Menurut Feri, apabila benar ada penyelewengan maka polisi akan mencari bukti dan data.

“Seandainya ada dugaan penyelewengan, kami akan mencari bukti dan data. Dan seandainya terbukti, tentunya akan mengambil tindakan melalui Tipikor Polres Sukabumi, ” pungkasnya. (suc/suf/run)