Dikawal, Hasil Ujikom Balon Kades Diantar ke Rumah

by -22 views
KETAT: Anggota TNI dan polisi saat mengawal hasil Ujikom para peserta balon kades di Kecamatan Cicurug yang diantar langsung ke rumah peserta.

SUKABUMI – Sebanyak 38 peserta Bakal calon (Balon) kepala desa (Kades) dari tujuh desa di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi menerima amplop hasil uji kompetensi (Ujikom). Amplop tertutup rapat tersebut diserahkan langsung panitia Pilkades ke rumah balon kades. 

Penyerahan tersebut mendapat pengawalan ketat anggota TNI, Polri serta Satpol PP. Amplop diantar langsung ke rumah masing-masing demi menjaga kerahasiaan lolos atau tidaknya balon.

“Amplop hasil Ujikom masih tertutup rapat akan diantarkan langsung panitia Pilkades ke rumah masing-masing balon,” ujar Camat Cicurug, Wawan Godawan, usai memberi pembekalan kepada Panitia Pelaksana Pilkades di Gedung Unit Daerah Kerja Pembangunan (UDKP) Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, kemarin.

Camat memastikan bahwa Muspika Kecamatan Cicurug akan melakukan pengawalan hingga sampai ke tahapan berikutnya, bukan hanya sampai pada hasil Ujikom saja. “Kami akan terus mengawal penyerehan hasil ujikom hingga tahapan berikutnya,” ujarnya lagi.

Dijelaskan camat, seluruh hasil ujikom yang disampaikan kepada balon kades masih tersimpan rapi dan tidak satupun yang dibuka. Dirinya juga tidak dapat berspekulasi siapa yang lulus dan tidak lulus. “Hasil ujikom merupakan hasil murni balon kades ketika mengikuti testing yang telah dilaksanakan di kabupaten berapa hari lalu,” terangnya. 

Hasilnya akan disampaikan langsung kepada balon kades dengan pengawalan jajaran kepolisian Polsek Cicurug, anggota  Koramil 0713-Cicurug dan Sat Pol PP hingga sampai ke tangan yang berhak yakni bakal calon kades atau keluarganya. “Berkasnya akan diterima balon atau keluarganya disertai bukti penyerahan dari panitia,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Cicurug, Kompol Simin A Wibowo mengatakan dalam penyerahan hasil ujikom ke balon kades, pihaknya akan menyertakan lima orang anggota ke setiap desa ditambah dengan anggota Koramil dan Sat Pol PP. “Upaya ini untuk menjaga suasana tertib, aman dan kenyamanan semua pihak,” tandasnya. (win/ade/suf)