Dinkes Kejar Akreditasi Tingkat Paripurna

by -26 views

METROPOLITAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Kota Bogor. Diantaranya dengan meningkatkan akreditasi yang sejalan dengan peningkatan kualitas pelayanan, termasuk di Puskesmas Tanahsareal.

Saat ini, Kota Bogor sudah tiga tahun mendapatkan sertifikat akreditasi dengan tingkatan utama. Dinkes Kota Bogor pun menargetkan bisa mendapat akreditasi sertifikat dengan tingkat paripurna.

Puskesmas Tanahsareal pun kedatangan tim suveri reakreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pada 17-19 Oktober. Kepala Dinkes Kota Bogor Rubaeah mengatakan, Puskesmas Tanahsareal sejak 17 Oktober lalu, kedatangan tim surveior akreditasi FKTP dari Kemenkes, yang bertujuan melakukan kegiatan reakreditasi.

“Setelah tiga tahun pernah mendpt sertifikat akreditasi dengan tingkatan utama. Tentu target kita bisa mencapai akreditas dengan tingkat paripurna, ” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Ia menambahkan, setiap tiga tahun, seluruh puskesmas akan di akreditasi. Tujuannya adalah agar puskesmas dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik dan bermutu kepada masyatakat sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Untuk puskesmas, kata dia, ada 3 pokja yang akan dilakukan survei.

“Yakni pertama Pokja mutu dan Administrasi. Kedua, Pokja upaya kesehatan perserorangan. Ketiga, Pokja upaya kesehatan masyarakat dengan melibatkan kader kesejatan lintas sektor tingkat kecamatan. Yang jelas tentu target kita yang paling tinggi, yakni paripurna, ” pungkas Rubaeah.(ryn/c/yok)