Dinkes Kota Bogor Kerja Bareng PD PPJ

by -19 views

METROPOLITAN – Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PDPPJ) Kota Bogor besama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor didampingi Tim Sanitarian Puskesmas Belong, Kecamatan Bogor Tengah menyelenggarakan penyuluhan kesehatan bagi para pedagang Pasar Bogor, di aula Pasar Bogor, kemarin (17/10).

Kegiatan penyuluhan ini merupakan ketiga kalinya Dinkes Kota Bogor melalui Seksi Kesehatan Lingkungan bersama PD PPJ, setelah sebelumnya diselenggarakan di Pasar Gunung Batu dan Pasar Sukasari. Bertempat dilantai dua, penyuluhan tersebut dihadiri oleh para pedagang dan warga yang hendak berbelanja di Pasar Bogor.

Seksi Kesehatan Lingkungan Dinkes Kota Bogor, Farida memberikan arahan kepada para pedagang dan pengunjung. Diantaranya sosialisasi dilarang merokok dan meludah di tempat-tempat pengolahan makanan. Serta kebiasaan menggaruk, mencungkil, mengorek atau menggosok bagian-bagian tubuh seperti kepala, mulut, gigi, mata, hidung, dan kupung sewaktu mengolah dan menyiapkan makanan.

Cuci tangan terutama setelah buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK) juga sangat diharuskan, apalagi memegang, mengambil, memindahkan, mencicipi makanan matang dengan tangan tanpa alas harus di hindari, ” katanya kepada para pedagang dan pengunjung Pasar Bogor.

Ia menambahkan, definisi pasar sehat sendiri sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) nomor 519 tahun 2008 adalah kondisi pasar yang bersih, aman, nyaman dan sehat. Serta terwujud melalui kerjasama berbagai stakeholder terkait dalam menyediakan bahan pangan yang aman dan bergizi bagi masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Unit Pasar Bogor Maradona menyampaikan, tujuan dari diadakannya penyuluhan seperti ini agar para pedagang dan pengunjung lebih memahami tentang pentingnya pasar yang sehat bersih dan nyaman. Masyarakat lingkungan pasar juga diharapkan bisa mendukung penuh berbagai program demi lingkungan yang bersih dan sehat. Bukan hanya pada petugas pasar dan kebersihan, poin kebersihan pasar dapat berdampak kepada kepercayaan masyarakat untuk kembali berbelanja di pasar rakyat.

Alhamdulillah saya apresiasi kepada Dinkes Kota Bogor dan pihak Puskesmas Belong sehingga pengetahuan pedagang dalam pelayanan terhadap konsumen dapat terus meningkat. Unit pasar juga menyampaikan rasa terima kasih atas terselenggaranya acara ini sehingga dapat terciptanya pasar sehat dan pasar bersih di lingkungan PD PPJ, ” tutupnya. (ryn/b/yok)