Dinsos Bagikan BPNT untuk Warga Waluran

by -19 views
SIMBOLIS: Kepala Desa Mekarmukti Dodi Amung Sutarya memberikan BPNT kepada penerima PKM.

SUKABUMI – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berupa beras premium kepada desa di Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kemarin.

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Waluran Dede Darussalam mengatakan, BPNT Oktober ini yakni untuk 2.327 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah beras yang disalurkan yaitu 23.270 kilogram untuk enam desa, di antaranya Desa Waluran, Sukamukti, Mangunjaya, Waluran Mandiri, Mekarmukti dan Caringinnunggal. Dari enam desa itu, lima desa sedang berjalan penyalurannya. Sedangkan di Desa Caringinnunggal belum berjalan.

Dede menjelaskan, untuk penyaluran saat ini ditemukan saldo milik puluhan KPM yang kosong. “Banyak saldo yang tidak terisi di Oktober ini. Kebanyakan yang kosong merupakan KPM tambahan. Kemungkinan saldo kosong karena belum di-top up pihak bank, NIK belum elektronik dan kemungkinan KPM tersebut terblokir di Basis Data Terpadu (BDT),” jelasnya.

Ia menuturkan, dari data sementara yang belum terisi saldonya itu sebanyak 84 KPM di Desa Mekarmukti dan Sukamukti. “Hal ini sudah kami laporkan ke Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, tinggal menunggu data bayar dari pihak bank untuk menyinkronkan data,” pungkasnya.

Sementara itu, Puskesos Desa Mekarmukti Sastra Adi Wiguna menjelaskan, di Desa Mekarmukti terdapat 400 KPM yang menerima BPNT , dengan jumlah beras 4 ton. Ia mengakui ditemukannya puluhan saldo milik KPM di Desa Mekarmukti yang kosong. “Bulan ini banyak saldo yang belum terisi, sekitar 53 KPM,” pungkasnya. (suc/suf/run)