Disdik Gembleng Tenaga Pendidik Tumbuhkan Budi Pekerti

by -
PELATIHAN: Sejumlah kepsek dan guru SD di Kabupaten Bogor tengah diberikan pelatihan oleh Disdik Kabupaten Bogor, kemarin.

METROPOLITAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan pelatihan pengembangan penumbuan budi pekerti tingkat Sekolah Dasar (SD), kemarin.

Pelatihan diberikan dengan maksud, sebagai bentuk peningkatan penerapan pendidikan karakter.

Kasi Peserta Didik SD di Disdik Kabupaten Bogor, Yanto, mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanan pelatihan pendidikan karakter beberapa waktu lalu.

“Pelaksanaan pelatihan dilakukan selama tiga hari yang dimulai pada tanggal 9-11 Oktober dengan melibatkan 80 peserta kepala sekolah dan guru serta perwakilan dari 40 kecamatan,” katanya.

Menurutnya, paparan materi terdiri dari tiga komponen dasar pembangunan karakter pada satuan lembaga pendidikan. Dengan melibatkan narasumber dari unsur pengawas, akademisi, LPMP dan Dinas Pendidikan.

“Adapun materi yang dipaparkan meliputi, kebijakan impelentasi penumbuhan budi pekerti, pengenalan secara aspek empiris, filosfi dan metodologis. Terkahir, paradigma nilai alam intergrasi pendidikan anak di sekolah dan keluarga,” ucap Yanto.

Sementara itu, Narasumber Penumbuhan Budi Pekerti, Itang Cintaka, menuturkan konsep penerapan dan pelatihan pada tenaga pendidik akan dilakukan menggunakan Rencana Tindak Lanjut (RTL).

“Nantinya pengaplikasian materi, akan diobservasi para tenaga pendidik di sekolah masing-masing. Dimana data tersebut, akan menjadi acuan pengembangan program pembinaan yang dibutuhkan, bagi pengembangan karakter murid,” katanya.

Masih ditempat yang sama, Kadisdik Kabupaten Bogor, Entis Sutisna, menuturkan nantinya sekolah yang telah mengikuti pelatihan akan menjadi trainer di tingkat gugus dan kecamatan masing-masing.

“Hal ini dilakukan untuk menyebarluaskan informasi dan teknis pengembangan karakter murid di wilayah. Namun, pembinana akan dilakukan secara berkelanjutan serta merata bagi lembaga yang belum mengikutinya,” singkatnya. (rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *