DPKUKM Fasilitasi Produk UKM Masuk Mal

by -12 views

SUKABUMI – Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, berupaya mendongkrak kemajuan para pelaku usaha, dengan cara memfasilitasi pemasaran produknya untuk masuk di setiap toko modern atau mal. 

Kepala Seksi Distribusi Tertib Niaga DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Iwan Wirawan menyebutkan saat ini sudah ada 22 produk UKM yang sudah dipasarkan di toko modern yang sudah bekerjasama.

 “Alhamdulillah saat ini sudah ada 22 produk yang dipasarkan di toko moderen seperti produk kripik, permen jahe dan produk lainnya. Semuanya itu hanya produk makanan dan minuman,” tuturnya saat ditemui usai menggelar desiminasi toko modern di Hotel Agusta Cikukulu, kemarin.

Menurutnya, banyak produk UKM  yang layak masuk toko modern lantaran pelaku usaha berinovasi dengan menggunakan bahan baku, kemasan dan manajemen yang baik. Sebab itu, pemerintah terus mendorong pelaku UKM untuk meningkatkan kualitas produknya.

“Kualitas harus disesuaikan standar yang baik, manajemen juga dipersiapkan karena dalam kerjasama dengan toko modern, dibutuhkan komitmen yang kuat. Kami terus mendorong dan mendampingi mereka,” tandasnya

Adapun, persyaratan yang harus dipenuhi pelaku usaha untuk memasarkan produknya di toko modern yaitu harus memiliki perizin dan sudah mendapatkan label halal. “Ini yang harus dipenuhi para pelaku usaha untuk bisa memasarkan produknya di toko modern. Untuk mendapatkan label halal dan perizinan tentunya kami siap membantu memfasilitasinya,” ucapnya. 

Disinggung soal permodalan, Iwan mengaku, pihaknya bukan hanya mendorong pelaku usaha dalam pemasaran produk saja. Namun, juga memfasilitasi pelaku usaha dalam segi permodalan seperti bekerjasama dengan pihak perbankan. “

Ya tentunya kami juga memfasilitasi para pelaku usaha ini jika memang memerlukan modal untuk mengembangkan usahanya. Dalam desiminasi pasar modern juga kami menghadirkan pihak perbankan untuk membantu permodalannya,” ujarnya. 

Iwan berharap, dengan adanya kerjasama antara DPKUKM dengan toko modern ini dapat membantu para pelaku usaha dalam pemasaran produk UKM nya. 

“Mudah-mudahan dengan kerjasama yang terjalin baik dengan semua elemen bisa membuahkan hasil yang maksimal sesuai harapan,” tutupnya. (dna/ade/suf)