Foto Jokowi-Ma’ruf Laku Keras

by -39 views

METROPOLITAN – Keuntungan melimpah ruah datang dari mereka yang berprofesi sebagai pedagang foto figura Presiden dan Wakil Presiden. Bagaimana tidak, pasca pelantikan presiden dan wakil presiden Minggu (20/10), pesanan foto figura Joko Widodo dan Ma’ruf Amin meningkat pesat di pasaran.

Salah seorang pedagang foto figura di Pasar Anyar, Kota Bogor, Adang Kusuma, mengatakan, banyak kliennya yang mencari foto orang nomor satu dan dua di negeri ini. Tak hanya pada saat pelantikan, jauh hari sebelum dilantik, puluhan pesanan sudah mengantri di dapur produksi miliknya.

Laku keras pak, ” katanya, saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Pria yang akrab disapa Adang itu mengaku, sejak pekan lalu hingga hari ini, puluhan pasang foto presiden dan wakil presiden ludes terjual. Bahkan, hingga kini pesanan juga terus berdatangan yang membuat dirinya kewalahan.

Alhamdulilah, pesanan masih banyak. Ini juga saya sedang membuat lagi, ” bebernya.

Dirinya mengakui, penjualan foto figura Jokowi-Ma’ruf laku keras dipasaran, ketimbang tahun lalu era Jokowi-JK. Terlebih, naiknya pesanan menyentuh angka 75%.

Dua hari saja saya menjual sekitar 85 pasang, belum lagi yang sedang saya buat ini, ” paparnya.

Lelaki yang sudah berjualan foto figura sejak 17 tahun itu mengaku, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk membuat satu pasang foto figura presiden dan wakil presiden. Tak heran, jika dagangannya laris manis.

Paling dalam satu hari saya bisa bikin 50 hingga 100 buah masa. Untuk satu pasang biasnya cukup 15 menit sudah jadi, ” jelasnya.

Secara garis besar, figura yang dijualnya memiliki harga yang berbeda-beda. Mulai dari Rp80 ribu untuk satu pasang hingga Rp250 ribu. Pelanggan Adang pun beragam. Mulai dari kalangan menengah ke bawah, hingga menengan keatas. Untuk konsumsi pajangan pribadi, sekolah, hingga perkantoran.

Kalau harganya beragam, kita lihat juga ukuran dan bahannya dulu. Jika ukuran besar dan bahan bingkai bagus tentu agak mahal, ” ucapnya.

Ia menjelaskan, ada tiga ukuran untuk foto figuranya, ada yang 35×25, 50×35 sampai ukuran paling besar 65×50.

Kebanyakan yang beli untuk kantor dan sekolah. Ini saja saya lagi mengerjakan pesanan DPRD Kota Bogor 20 pasang foto figura Presiden dan Wakil Presiden, ” tutupnya. (ogi/c/yok)