Hilangkan Trauma Korban Bencana hingga Latih Tata Boga

by -12 views
PELATIHAN: Puluhan warga Cijeruk mengikuti pelatihan dan bimbingan sosial yang digelar Dinsos Kabupaten Bogor.

METROPOLITAN – Bertempat di ruang Aula kantor Kecamatan Cijeruk, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor memberikan bimbingan sosial dan pelatihan kondisi ekonomi eks korban bencana. Pelatihan diikuti 30 warga dari tiga desa yang terkena bencana alam.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana pada Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Sri Mulyani, mengatakan, kegiatan yang digelar selama lima hari ini untuk memberikan bimbingan sosial kepada para korban bencana. Mereka juga diberikan pelatihan usaha ekonomi berupa keterampilan tata boga. “Kegiatan ini untuk menghilangkan rasa traumatik dan memulihkan ekonomi mereka,” katanya.

Selain pelatihan tata boga, mereka juga diberikan bimbingan sosial oleh Dinsos Provinsi Jawa Barat, Politekkesos Bandung melalui Layanan Dukungan Pysicho (LDP) Sosialnya. Ada juga dari Komando Distrik militer (Kodim) berupa kesiapsiagaan bencana. “Setelah mendapatkan pelatihan, kami harap peserta pelatihan dapat membantu korban bencana lainnya,” ujar Sri kepada Metropolitan.

Selain di Cijeruk, pelatihan serupa bakal digelar di Kecamatan Megamendung dan Pamijahan. Program ini digelar rutin setiap tahun lantaran wilayah Kabupaten Bogor merupakan wilayah rawan bencana. “U0ntuk memitigasi mereka maka harus diberikan ilmu bagaimana cara penanganan dan pencegahannya. Pihak pemerintah desa harus mendata korban bencana agar warga yang terkena bencana bisa mengikuti acara ini,” ucapnya. (nto/b/els)