Huntap Bojongsari Mirip Perumahan

by -47 views

METROPOLITAN – Pembangunan puluhan hunian tetap (huntap) bagi masyarakat di Kampung Bojongsari, RT 02/03, Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, terus berjalan. Huntap ini akan dibuat layaknya perumahan.

Program ini merupakan lanjutan pembangunan huntap bagi warga yang terdampak bencana pergerakan tanah pada 2011.

“Pada 2017 huntap dibangun 25 unit rumah dan awal Agustus 2019 dibangun 25 unit rumah, ” kata Ketua Kelompok Kerja Masyarakat (Pokmas), Suheri.

Menurutnya, anggaran relokasi rumah bersumber dari APBD Kabupaten Bogor. Pembangunan satu rumah plus pembayaran lahan dianggarkan Rp50 juta. Secara keseluruhan, rumah dibangun di atas lahan seluas 7.000 meter dengan bangunan minimal 6×6 meter per rumah.

“Animo masyarakat untuk berswadaya masih tinggi, sehingga rumah mereka bisa dibangun dengan ukuran 8×8, ” terangnya.

Untuk desain, sambung dia, bangunan rumah terlihat selayaknya seperti di kompleks perumahan. Sebab, warga sebelumnya sudah menangani kebutuhan lingkungan seperti pembuatan sarana ibadah dan MCK.

“Warga telah membangun musala dan MCK, tentu saja keberadaan bangunan fisik rumah terlihat seperti di kompleks perumahan, ” ungkap Suheri.

Menghindari terjadinya longsor, warga meminta dibangun Tembok Penahan Tebing (TPT) sepanjang 400 meter. Sejauh ini sambil menunggu pembangunan rumah rampung, warga korban pergeseran tanah ada yang masih mengungsi dan ada yang sudah pindah sambil menunggu pengerjaan beres.Ketua RW setempat, Hasan, mengaku bersyukur pengerjaan rumah tersebut berjalan dengan baik.

“Saat ini rumah yang akan ditempati nanti pengerjaannya sudah mencapai 70 hingga 80 persen, ” tukasnya. (ads/b/fin/py)