Ibu Selingkuh, Aku Harus Bagaimana? (1)

by -78 views

METROPOLITAN  – Sudah 7 tahun saya menyem­bunyikan kenyataan bahwa saya mengetahui ibu selingkuh dengan laki-laki yang tak lain adalah atasan ayah saya. Waktu itu saya masih SD dan masih takut untuk mengadu ke ayah, saya hanya tahu bahwa Ibu saya sering bertelepon mesra dengan atasan ayah.

Di dalam pembicaraannya mereka membahas tentang menjalani hu­bungan meski telah mempunyai sat­pam (pasangan hidup). Saya hanya bisa menangis setiap kali mendengar Ibu saya bertelepon dengan laki-laki itu. Ibu saya sampai sekarang belum mengetahui kalau saya mengetahui hubungannya.

Sejak saat itu ketika atasan ayah saya berkunjung ibu saya bersikap biasa saja seperti tidak ada apapun, namun saya memasang muka yang asam setiap kali dia berkunjung. Atasan ayah saya memang orangnya baik dan telah banyak membantu kelu­arga kami, mungkin sikap saya itu dianggap Ibu sebagai tindakan tidak sopan sehingga beliau memarahi saya.

“Kamu jangan kayak gitu sama ata­san ayah kamu, kalau gak ada dia ayah kamu mau dapat uang dari mana, dia menganggap kamu anak, seperti tidak dididik saja oleh ibu??”

Saya hanya bisa diam, sampai 7 ta­hun berlalu saya masih belum be­rani berbicara kepada Ibu saya bahwa saya tahu hubungannya. Ibu saya juga belum mengetahui kalau saya telah tahu selama ini. Saya juga tak berani mengadu kepada ayah.

Beberapa tahun berlalu, dulu saya adalah seorang anak tunggal, kemu­dian Ibu hamil dan akhirnya sekarang saya mempunyai seorang adik yang berbeda 15 tahun dari saya. Saya pun sudah melupakan bahwa Ibu selingkuh dan berharap hal ter­sebut hanyalah pikiran anak kecil saja. Dan kalaupun itu memang per­nah terjadi, saya berharap Ibu sudah bertobat dan lebih dewasa setelah punya anak 2 orang.(Bersambung)