Jalan Parungpanjang Benjol-benjol

by -37 views
BERGELOMBANG: Kondisi Jalan Mohamad Toha, Kecamatan Parungpanjang, bergelombang lantaran dirusak truk bermuatan besar. Kondisi ini pun dikeluhkan pengendara yang melintas karena dianggap membahayakan.

METROPOLITAN – Pengendara mengeluhkan jalan yang bergelombang dan benjol-benjol di Jalan Raya Mohamad Toha, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor.

Kondisi jalan diduga karena kendaraan yang melintas melebihi tonase.

Dari pantauan, jalan berstatus milik Provinsi Jawa Barat ini merupakan perbatasan Tangerang dengan Bogor.

Salah satu akses utama angkutan tambang berlalu lalang.

Jalan bergelombang itu nampak membekas lintasan kendaraan besar, membuat aspal membenjol besar muncul di permukaan jalan kurang lebihnya setinggi 15 hingga 20 sentimeter.

Seorang pengemudi mobil, Edi Mulyadi yang juga ketua PGRI Kecamatan Parungpanjang mengatakan, jalan yang bergelombang seperti ini bisa membahayakan pengendara, apalagi sepeda motor.

”Saya saja saat mengemudikan mobil tergasruk bagian kolongannya, karena terkena aspal yang bergelombang. Kondisi seperti ini rawan kecelakaan. Pengendara motor bisa tergelincir,” ungkapnya kepada Metropolitan, kemarin.

Sementara itu, Sekcam Parungpanjang, Icang Aliyudin, mengatakan, jalan Provinsi Jawa Barat itu kemarin sudah ada perbaikan sepanjang sepuluh kilometer.

Munculnya kembali jalan yang bergelombang disebabkan kualitas jalan dengan bobot kendaraan tidak sesuai.

”Ketika terjadi antrean, truk yang memiliki bobot besar dan parkir di badan jalan membuat sebelah kiri jalan menggelembung. Pembangunan jalan ini tidak sesuai. Kekuatan jalannya hanya 20 ton, namun bobot kendaraannya 40 ton. Kami khawatir terjadi kecelakaan, terutama pengendara sepeda motor atau mobil,” terangnya.

Icang menambahkan, kondisi jalan yang rusak sudah dilaporkan ke KSUP.

“Info dari KSUP Provinsi Jabar, jalan ini masih pemeliharaan oleh pemegang proyek kemarin. Jadi, mudahmudahan tak lama lagi ada perbaikan,” harapnya. (sir/b/els/py)