Jaldes dan Jaling Desa Karacak Mulus

by -15 views

METROPOLITAN – Empat titik lokasi pengaspalan hotmiks jadi skala prioritas yang tengah direalisasikan di Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini sebelumnya sudah masuk rancangan pembangunan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2018 lalu yang diikuti masyarakat desa, para ketua RT/RW, kadus, LPM, BPD dan aparatur desa.

Pantauan Metropolitan, kegiatan ini dilaksanakan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Karacak bersama warga. Dengan tema Desa Membangun Indonesia, warga sekitar antusias gotong-royong di setiap giatnya. Pjs Kepala Desa (Kades) Karacak Ayi Wahyu Kusumah menuturkan, pembangun ini melingkupi enam kampung.

Di antaranya hotmiks di Kampung Rawajero, RW 08, sepanjang 195 meter, dengan lebar 2,5 meter.

”Lokasi kedua di Kampung Ciletuh-hilir, RW 04, sepanjang 106 meter dan lebar 2,5 meter, ” tuturnya kepada Metropolitan, kemarin.

Ayi menambahkan, lokasi ketiga yaitu di Kampung Karyabakti, RT 02/02, sepanjang 303 meter persegi, dengan lebar satu meter. Pengaspalan terakhir di Kampung Cengal, RW 06, sepanjang 200 meter.

”Jadi ada dua pengaspalan jalan desa (jaldes) dan dua lokasi jalan lingkungan. Disesuaikan lebar pengerjaannya, ” kata Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2007 itu.

Ia menjelaskan, pembangunan hot-miks ini menggunakan Dana Desa (DD) I, 20 persen Anggaran Penda-patan dan Belanja Negara (APBN) 2019.

”Semoga dengan akses yang layak ini dapat mempermudah warga desa dalam beraktivitas. Utamanya bisa menjadi daya dobrak perekonomian, ” pungkasnya. (yos/c/yok/run)