Jalur Tajurhalang-Palasari Lumpuh Total

by -
LONGSOR: Kondisi turap yang longsor menyebabkan jalur Tajurhalang-Palasari tak bisa dilintasi.

METROPOLITAN – CIJERUK Hujan deras yang mengguyur wilayah Cijeruk mengakibatkan tebingan jalan setinggi 20 meter longsor. Akibatnya, jalan yang menghubungkan Desa Tajurhalang dengan Desa Palasari lumpuh tak bisa dilalui. Kejadian yang terjadi pada pukul 06:30 WIB Selasa (15/10) ini tidak mengakibatkan terjadinya korban jiwa. Hanya saja, puluhan rumah warga di Kampung Cijeruk RT 03 RW 06 Desa Tajurhalang harus dievakuasi karena khawatir terjadi longsor susulan.

Warga Kampung Cijeruk, Suprianto (40) menuturkan, selepas diguyur hujan kurang lebih satu jam, tiba-tiba jalan aspal yang tak jauh dari rumah retak-retak. Tak lama, longsor pun terjadi. “Kejadian ini mengakibatkan kendaraan roda empat tidak bisa melintas, dan roda dua pun tidak diperkenankan melintas karena khawatir terjadi longsor susulan,” ucapnya.

Selain tidak bisa dilintasi, kondisi ini jelas mempersulit warga yang setiap hari menggunakan jalan tersebut. Sementara, jalan alternatif yang menghubungkan dua desa harus ditempuh dengan jarak lebih jauh. “Otomatis kalau belum ada penanganan, kami masyarakat tidak bisa menggunakan jalan tersebut,” ungkapnya.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada penangan dari pihak terkait. Hanya traffic cone yang dipasang aparat kepolisian agar kendaraan roda dua tidak masuk. Tak jauh dari lokasi terjadinya longsor, retakan pun terjadi di areal pembangunan turap milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Turap yang dibangun menggunakan anggaran sebesar Rp1,3 miliar ini sudah mulai mengalami kerusakan. CV Srikandi Maju Utama sebagai penyedia jasa pun belum bisa dikonfirmasi terkait hal ini. (nto/c/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *