Jokowi Ajak Masyarakat Berantas Terorisme

by -17 views

METROPOLITAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjenguk Menkopolhukam Wiranto di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Presiden Jokowi menyebut Wiranto ditusuk teroris.

“Tadi hanya beberapa menit setelah kejadian penusukan, saya langsung mendapatkan laporannya dan segera saya perintahkan membawa beliau ke RSPAD. Saat ini beliau sedang dalam penanganan dan sedang dioperasi. Beliau dalam keadaan sadar,” ujar Jokowi.

Jokowi mengaku sudah memerintahkan kapolri, menkumham dan panglima TNI untuk mengusut tuntas insiden penusukan tersebut. “Saya juga meminta masyarakat untuk mengurangi radikalisme dan bersama-sama mencoba mengatasi masalah ini,” katanya.

Tadi malam Jokowi, lewat akun resmi di Facebook, menyampaikan kembali seruannya untuk memerangi radikalisme dan terorisme di Tanah Air. “Hanya dengan upaya kita bersama, terorisme dan radikalisme akan bisa kita selesaikan dan berantas dari negara yang kita cintai ini,” tulisnya.

Sementara itu, usai menjalai operasi selama tiga jam, Wiranto dipindahkan ke Ruang ICU RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, setelah menjalani serangkaian operasi, Menko Polhulam Wiranto butuh istirahat dan kondisinya harus distabilkan.

“Rekan-rekan sekalian, tadi saya berbicara langsung dengan dokter Terawan yang menangani secara langsung proses operasi yang berjalan tiga jam. Alhamdulillah proses operasi berjalan dengan baik dan Pak Wiranto sudah keluar dari ruang operasi dan beliau sekarang menempati Ruang ICU,” kata Pramono.

Mengenai kondisi terakhir Wiranto secara medis, Pramono enggan memberikan komentar. Namun ia yakin bahwa tim dokter yang menangani Menko Polhukam Wiranto bekerja dengan baik dan profesional. “Kondisinya secara resmi tentunya lebih baik pihak rumah sakit yang akan menyampaikan,” ujarnya.

Selanjutnya Pramono meminta kesediaan rakyat Indonesia untuk memberikan doa bagi kesembuhan dan kesehatan Menko Polhukam Wiranto yang tengah mendapat perawatan di ruang ICU RSPAD Gatot Subroto. “Tetapi yang jelas dari proses operasi tiga jam berjalan dengan baik. Kita doakan bersama, mudah-mudahan Pak Wiranto segera sehat kembali. Saya tadi juga melihat langsung beliau setelah operasi dibawa ke ICU dan penanganannya oleh rumah sakit sangat baik sekali,” ucapnya. (dtk/sin/els/run)