Jokowi Umumkan Menteri di Hari Pelantikan

by -0 views
MOELDOKO Kepala Staf Presiden.

METROPOLITAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku antusias mendapat bocoran nama-nama menteri kabinet kerjanya di periode kedua ini. Jokowi memastikan menteri yang dipilihnya sudah rampung dan berasal dari semua kalangan.

Dalam cuitan yang sama, ia juga menyertakan foto telepon yang menggantung. Foto tersebut disertakan kalimat, ‘sabar! sebentar lagi’. “Selamat pagi. Saya telah menerima beberapa versi ‘bocoran’ nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias, kalau-kalau itu benar adalah bocoran,” kata Jokowi seperti dilihat dalam akun Instagram pribadinya @jokowi, Kamis (17/10).

Jokowi mengaku susunan kabinet pemerintahannya bersama Ma’ruf Amin sudah rampung. Ia memastikan segera mengumumkannya pada 20 Oktober atau sehari setelah pelantikan. “Yang jelas, susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan presiden dan wakil presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama atau setelahnya,” katanya.

Ia juga meminta masyarakat bersabar untuk menunggu nama-nama kabinetnya itu. Jokowi juga memastikan menterinya itu berasal dari semua profesi, mulai dari santri hingga politisi. “Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi, akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka,” paparnya.

Jokowi juga mengungkapkan masih akan ada muka-muka lama yang menduduki jabatan menteri dalam Kabinet Kerja Jilid II. “Ya ada lah, (menteri, red) yang lama ada, (menteri, red) yang baru banyak,” ujarnya.

Komposisi menteri di periode kedua kepemimpinannya 55-45. Artinya akan ada 55 persen menteri dari kalangan profesional.

Selain itu, Presiden Jokowi juga sempat berbicara soal calon menterinya yang akan diisi kalangan generasi muda, bahkan yang berusia di bawah 30 tahun. “Belum dihitung persentasenya,” ujarnya menjawab pertanyaan wartawan soal berapa persentase wajah baru dan wajah lama dalam kabinet.

Sebelumnya, Kepala Staf Presiden Moeldoko sebelumnya juga telah mengatakan ada kemungkinan Jokowi mengumumkan kabinet di hari yang sama. Meski demikian, ia belum bisa memastikan.

“Setelah dari sana (MPR, red), nanti kegiatan ada apa. Kalau bapak presiden sepertinya ingin bekerja ya, bisa saja terjadi akan pengumuman (kabinet baru, red),” kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden (KSP).

Jokowi-Ma’ruf Amin akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Mereka akan dilantik di gedung DPR RI pukul 14:30 WIB. (dtk/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *