Katulampa Siaga 3, Warga Jakarta Waspada!

by -5.6K views

METROPOLITAN.id – Hujan deras yang mengguyur Bogor sejak sore hari, Selasa (8/10) menyebabkan debit air di Sungai Ciliwung mengalami kenaikan drastis. Kondisi ini juga menyebabkan kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa dengan status Siaga 3.

Informasi yang dihimpun, hingga pukul 18:30, TMA di Bendung Katulampa mencapai 130 sentimeter. Kepala Pintu Air Bendung Katulampa Bogor, Andi Sudirman mengatakan, kenaikan TMA cukup cepat.

Awalnya, TMA berada di posisi 120 centimeter kemudian naik hingga mencapai 150 sentimeter. Neberapa menit kemudian, turun menjadi 130 sentimeter.

“Peningkatan itu diakibatkan karena hujan deras yang melanda sebagian wilayah Bogor dan Puncak,” kata Andi, Selasa (08/10)

Hingga saat ini pukul 20:00, hujan ringan masih mengguyur wilayah Kota Bogor. Dirinya meminta warga dibantaran sungai waspada

“Siaga dan waspada warga Bogor yang  dilalui Ciliwung hingga ke hilir,” pesannya.

Tak hanya di Bogor, Warga Jakarta juga diminta waspada. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pun sudah mengumumkan peringatan dini.

“#PeringatanDiniJKT
Info Disaster Warning System (DWS) Kepada Warga Wilayah Bantaran Sungai, Akibat Kenaikan di Bendung Katulampa, TMA 150 cm/Hujan (siaga 3) pada pukul 18.30 WIB,” tulis BPBD Jakarta melalui akun Twitter @BPBDJakarta. (fin)