Kawasan Pakansari bakal Steril PKL

by -45 views

METROPOLITAN – Stadion Pakansari, resmi ditunjuk sebagai salah satu venue dalam gelaran Piala Dunia sepakbola U-20 tahun 2021. Hal membanggakan tersebut membuat Pemerintah Kabupaten Bogor berbenah. Bupati Bogor, Ade Yasin menuturkan, kondisi stadion Pakansari, harus segera direnovasi lagi. Karena sepanjang 2019, stadion kebanggaan warga Kabupaten Bogor yang jadi markas klub PS Tira Persikabo harus mendapatkan perhatian lebih. “Ruangan media center yang ambruk itu dibetulin, lalu toilet-toilet yang rusak juga dibenahi. Fasilitas untuk difabel juga harus dilengkapi,” katanya, kemarin.

Ia juga menginginkan kondisi di sekitar Stadion Pakansari steril dari keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL). Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengaku, sudah memerintahkan jajaran Satpol-PP untuk segera membersihkan PKL di kawasan Pakansari. Sebab, ia ingin taman-taman dan lahan yang ada di sekitar stadion dipercantik. “Kita harus siap menjadi tuan rumah yang baik dan bisa memberikan fasilitas yang memadai,” tegasnya.

Untuk masalah infrastruktur, ia menginginkan percepatan pengembangan dan perbaikan jalan dari pintu keluar tol Sentul sampai ke Pakansari. Disamping itu, ia juga mengungkapkan keinginan dirinya untuk menyediakan bus pariwisata yang akan beroperasi di sekitarn kawasan Pakansari, yang bisa digunakan sebagai akomodasi bagi para atlet kelas dunia.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bogor, Nuradi mengaku, sejauh ini pihaknya masih mencoba memetakan titik-titik kehadiran PKL. Selain kawasan Pakansari. PKL yang biasa mangkal di Pasar Cibinong dan sekitaran Cibinong Raya juga tidak akan luput dari penertiban. Mantan Sekwan Kabupaten Bogor itu, mengungkapkan keinginannya untuk merelokasi seluruh PKL ke sebuah wilayah yang bisa menjadi pusat PKL di Kabupaten Bogor. Seperti yang ia lakukan di jalur Puncak. “Kita akan coba buatkan dulu konsepnya. Tahun depan baru akan kita eksekusi,” jelasnya.

Saat ini, kawasan Stadion Pakansari sudah dipenuhi berbagai macam PKL. Mulai dari pedagang pakaian, makanan dan mainan, bahkan sampai adanya pasar malam yang kerap jadi tempat hiburan warga sekitar. Sampai berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari Satpol-PP Kabupaten Bogor, terkait kehadiran PKL Pakansari yang tak tersentuh keberadaannya. (cr2/c/els)