Kemenpar Siapkan Agenda Tahunan

by -19 views

METROPOLITAN – Festival Budaya Pesta Rakyat Cap Go Meh (CGM) di Kota Bogor masuk agenda kegiatan tahunan di Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia mulai 2020 mendatang. Pihak kementerian, sedikitnya telah merilis 100 kegiatan besar teratas Indonesia yang terbagi di tiga wilayah bagian, baru-baru ini.

Ketua Panitia Pesta Rakyat CGM atau Bogor Street Festival 2019, Arifin Himawan mengaku bahagia setelah mendengar bahwa kegiatan rutin tahunan Pesta Rakyat CGM di Kota Bogor ini masuk dalam kalender event teratas Kemenpar di tahun 2020 mendatang. Menurutnya, tercatatnya festival seni dan budaya ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan kolaborasi pemerintah dalam mendukung kegiatan tersebut.

“Tentunya kami sebagai warga Bogor sangat berbangga dan berbahagia. tentunya ini upaya dan kerja keras pemerintah di dalam mendukung kegiatan Pesta Rakyat CGM, sehingga layak terpilih di 100 daftar kegiatan besar tahunan Kemenpar tahun 2020, ” ujar Arifin Himawan,(17/10).

Masuknya kegiatan Pesta Rakyat CGM di Kota Bogor, sambung Ahim sapaannya, tentu merupakan sebuah tanggung jawab seluruh warga Bogor tentang bagaimana memperkenalkan Jawa Barat, khususnya Kota Bogor dalam menyelenggarakan sebuah event besar yang menarik daya minat wisatawan untuk berkunjung ke kota hujan ini.

“Kita tahu bahwa animo masyarakat dalam event ini setiap tahunnya selalu meningkat dan event ini pun bukan pertama kali diselenggarakan, akan tetapi sudah 19 tahun terlaksana. Kami bersyukur karena event CGM ini mulai tahun depan sudah masuk di kalender event Kemenpar, ” katanya.

Sementara ini, diketahui ada sebanyak 100 kegiatan besar di Kota/Kabupaten yang telah masuk kalender event Kemenpar RI. Pesta Rakyat CGM sendiri mewakili Kota Bogor untuk Provinsi Jawa Barat bersama Kota Bandung dengan Asia Afrika Festival, Kabupaten Sumedang dengan Hardfest Pesona Jatigede, Kota Cirebon dengan Festival Budaya Cirebon, dan Kabupaten Garut dengan Gebyar Pesona Budaya Garut.

Senada dengan Arifin Himawan, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim turut mengungkapkan kebahagiaannya atas masuknya kegiatan Pesta Rakyat CGM Kota Bogor pada kalender event nasional. Meski begitu, ia berharap agar kegiatan tersebut terus dilestarikan dan ditingkatkan.

“Kita harus koordinasikan dengan pihak-pihak terkait dan mempersiapkan kegiatan besar nasional dengan baik. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat terus ditingkatkan kualitasnya di setiap tahunnya, ” harapnya. (*/yok)