Kota Bogor Kembali Hujan, Waspada Bencana

by -93 views

METROPOLITAN.id – Kota Bogor kembali diguyur hujan deras sepanjang sore hari, Rabu (9/10). Hujan mulai membasahi sejak pukul 15:40 dengan intensitas cukup deras.

Hingga pukul 14:20, hujan masih nampak belum berhenti namun mulai mereda. Sehari sebelumnya, (8/10), hujan deras juga mengguyur Kota Bogor sepanjang sore hari.

Tak hanya di Kota Bogor, Hujan juga dikabarkan turun di sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor. Seperti di Rancabungur dan Semplak. Hujan deras turun sejak pukul 16:00 dan belum juga reda hingga pukul 17:00.

“Hujannya dari jam empatan tadi, deres, belum berhenti juga,” kata salah seorang warga Bantar Jaya, Rancabungur, Yudha.

Foto: Fadli/Metropolitan

Sementara wilayah lain seperti Cibinong juga diprediksi bakal turun hujan karena awal gelap sudah menyelimuti sejak sore.

“Cibinong belum, tapi sudah gelap dari tadi. Mungkin bakal hujan deras,” ujar Fadhil.

Sehari sebelumnya, Selasa (8/10), kota dan Kabupaten Bogor juga diguyur hujan deras sejak sore hari. Kondisi itu menyebabkan debit air di Sungai Ciliwung mengalami kenaikan drastis.

Kondisi ini juga menyebabkan kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa mencapai status Siaga 3 dengan 150 sentimeter dan turun menjadi 130 sentimeter pada pukul 18:30 WIB.

Tak hanya itu, hujan deras di penghujung kemarau panjang pada Selasa (8/10) kemarin, menimbulkan sejumlah bencana. Di Kota Bogor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat terjadi banjir, bangunan roboh, pohon tumbang hingga longsor di sejumlah titik di Kota Hujan.

Pohon tumbang menimpa salah satu rumah di RT 04/06 Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor Selasa Pukul 17.00 WIB. BPBD sendiri baru menerima laporannya hari ini, Rabu (9/10) pukul 12:05 WIB.

Petugas lalu bergerak untuk melakukan evakuasi. Mereka memotong pohon jenis alpukat setinggi 15 meter dengan diameter 50 sentimeter yang menimpa rumah milik Budi Sugiman. Beruntung, tak ada korban jiwa dan luka dalam insiden tersebut.

Sementara bencana tanah longsor menimpa sebuah rumah warga di wilayah Cibogor, Bogor Tengah.

Longsor juga terjadi Kp. Legok Muncang RT01/05 Kelurahan Rancamaya, Kecamatam Bogor Selatan, Kota Bogor. Tanah sepanjang 3 meter dengan tinggi 3 meter di depan rumah warga ambles.

Data yang dihimpun BPBD Kota Bogor sepanjang Selasa (8/10) juga mencatat ada sejumlah bencana usai hujan. Yaitu banjir lintasan dan bangunan roboh.

Untuk banjir lintasan, terjadi di wilayah RT01/04 Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pukul 17.00 WIB.

BPBD menyebut penyebabnya karena
hujan dengan intensitas tinggi disertai angin yang melanda beberapa wilayah Kota Bogor serta penyempitan drainase.

Banjir lintasan ini menggenangi beberapa rumah warga dan terhambatnnya akses jalan diwilayah tersebut.

Selanjutnya untuk bangunan roboh, terjadi di wilayah Gang Rante RT04/13 Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor sekitar pukul 16:30.

Kanopi rumah milik salah seorang warga roboh akibat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin yang melanda wilayah tersebut.

Staff Pusdalops BPBD Kota Bogor Yogi Marzati mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana tersebut. Bencana tersebut hanya menimbulkan kerugian materiil.

“Upaya yang telah dilakukan yaitu assessment oleh TRC-PB BPBD Kota Bogor sambil menunggu koordinasi selanjutnya,” tandasnya. (fin)