LIPI Temukan Spesies Baru Katak dan Burung

by -25 views

METROPOLITAN – Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan spesies baru katak dan burung. Penemuan itu hasil ekspedisi sejumlah peneliti LIPI, Kyoto University Jepang, Aichi University of Education Jepang, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Negeri Semarang.

“Kami menemukan katak tanduk Kalimantan (Megophrys Kalimantanensis) dari ekspedisi yang dilakukan di pegunungan Meratus di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, juga di Bario, Sarawak dan pegunungan Crocker di Sabah, Malaysia,” jelas peneliti bidang herpetologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Amir Hamidy, kemarin.

Morfologi katak tanduk Kalimantan itu sangat mirip dengan katak tanduk pinokio (Megophrys Nasuta) yang tersebar luas mulai dari Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaya, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Selain katak, penemuan burung jenis baru Myzomela Prawiradilagae berkontribusi menambah daftar panjang temuan satwa endemik burung di Indonesia.

“Secara fisik, Myzomela Prawiradilagae memiliki kemiripan warna dengan Myzomela Dammermani dari Sumba dan Myzomela Vulnerata dari Timor,” terang peneliti bidang ornitologi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Mohammad Irham.

Irham mengaku penamaan burung jenis baru dari Pulau Alor itu merupakan bentuk penghargaan kepada peneliti senior bidang ornitologi LIPI, Dewi Prawiradilaga, atas kontribusi besarnya untuk pengembangan penelitian ekologi dan konservasi burung Indonesia.

Meskipun burung pemakan madu alias nektorivora itu secara filogenetik berkerabat dekat dengan Myzomela Kuehnidari Pulau Wetar, Maluku, namun dilihat dari karakter morfologi, bioakustik dan ekologi memiliki perbedaan signifikan. (dka/els)