Mahasiswa IPB Ikuti Pelatihan Survival Hingga Kepemimpinan di Lanud Ats

by -56 views

METROPOLITAN.id – Ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) University mengikuti pelatihan soft skill di Shelter Skadron Udara 6 Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja (Ats), Minggu (13/10).

Mereka dibekali materi tentang kepemimpinan, psikologi lapangan, kedisiplinan hingga survival atau teknik bertahan hidup.

Komandan Lanud (Danlanud) Ats Marsma TNI Eding Sungkana yang diwakili Kadisops Lanud Ats, Kolonel Pnb Kargono menyambut baik pelatihan in. Bagi Ats, pelatihan ini merupakan suatu kehormatan bisa berbagi dengan IPB.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi Lanud Ats secara khusus dan TNI Angkatan Udara pada umumnya. Tentu kami akan wujudkan dengan berupaya memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan pelatihan ini,” ujarnya saat pembukaan pelatihan soft skill IPB 2019.

Menurutnya, kemajuan suatu bangsa sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia. Semakin baik kualitasnya, akan memiliki keunggulan bersaing dengan negara lain di era globalisasi.

Kondisi ini pun membawa berbagai konsekuensi baru pada berbagai bidang, secara khusus pada bidang pendidikan. Karena pendidikan merupakan salah satu faktor utama dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Selanjutnya, Danlanud Ats mengatakan, kualitas di bidang pendidikan dengan indeks prestasi (IP) yang baik sangat penting. Namun tak kalah penting lagi adalah kemampuan berkomunikasi dan presentasi. Termasuk kemampuan bekerjasama dalam tim serta hubungan interpersonal, percaya diri, motivasi dan inisiatif.

“Artinya kesuksesan seseorang tidak semata-mata ditentukan oleh pengetahuan keterampilan teknis. Melainkan kemampuan mengelola diri dan orang lain,” terangnya.

Sementara itu, Kadisops Lanud Ats Kolonel Pnb Kargono menjelaskan, ada berbagai materi yang diberikan pada pelatihan mahasiswa kali ini.

“Pada pelaksanaan pelatihan soft skill, ada berbagai kegiatan yang laksanakan. Di antaranya materi tentang kepemimpinan, psikologi lapangan, kedisiplinan dan survival,” ungkap Kargono.

Dalam pelatihan ini, turut hadir Rektor IPB Dr. Arif Satria, para dosen dan staf civitas akademika IPB, para pejabat Lanud Ats dan undangan lainnya. (yos/a/fin)