Memanusiakan Manusia

by -18 views
ASEP SUHANA TKSK Bojonggede.

METROPOLITAN – Memanusiakan manusia bukan pekerjaan mudah. Hanya sebagian orang yang memiliki kepedulian sosial. Salah satunya Asep Suhana.

Sejak delapan tahun lalu, putra Desa Ragajaya itu bergelut sebagai Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Sejak 2011, selama bergerak dalam aktivitas TKSK, ia mengaku memiliki SK dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang dinaungi Kementerian Sosial RI.

“Perannya membantu Dinas Sosial (Dinsos) dalam permasalahan sosial di tingkat kecamatan, seperti di Kecamatan Bojonggede,” katanya.

Keinginannya terjun dalam bidang sosial itu pun karena rasa kepedulian terhadap sesama. Menurutnya, banyak suka dalam menjalani aktivitas tersebut. Salah satunya memiliki banyak teman dan jejaring sosial se-Indonesia.

“Dapat menolong sesama hal yang sangat luar biasa. Tidak ternilai dan ada kepuasan batiniah,” ungkapnya.

Ia mengaku untuk menjadi TKSK tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak proses yang harus dikerjakan, seperti mengikuti pelatihan.

“Ya termasuk harus mengetahui cara verifikasi data kemiskinan, lingkungan hidup, kelompok usaha, pendataan BPJS, penanganan korban bencana, trauma heling, korban kekerasan dan pelecehan”. (yos/b/yok/run)