MI Al Qolam Disambangi Tim Akreditasi

by -
AKREDITASI: Guru MI Al Qolam foto bersama tim akreditasi di Kampung Dukuh, RT 03/03, Desa Dukuh, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

METROPOLITAN – Setelah empat tahun berdiri, akhirnya Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Qolam di Kampung Dukuh, RT 03/03, Desa Dukuh, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, melakukan akreditasi dua hari sejak Selasa (22/10) hingga kemarin.

Ketua Yayasan Al-Annas Bogor, Azwar Annas, mengatakan, pihaknya mendirikan MI Al Qolam untuk memudahkan akses masyarakat Desa Dukuh, Kecamatan Cibungbulang, mendapatkan pendidikan madrasah.

”Agar masyarakat lebih mudah menyekolahkan anak-anaknya,” ujar Azwar.

MI Al Qolam sendiri, lanjut Azwar, selain memberikan pendidikan formal juga didominasi pendidikan agama dengan pembentukan karakter pada anak.

Di antaranya seperti membiasakan salat Dhuha, salat lima waktu dan menghafal Alquran.

”Selain itu, didorong beberapa ekstrakurikuler, seperti taekwondo, angklung, pianika, hadrah dan pramuka,” bebernya.

Terkait akreditasi, pihaknya mengaku sudah mempersiapkan secara maksimal bersama guru MI Al Qolam guna mendapatkan nilai maksimal untuk peningkatan mutu pendidikan di MI Al Qolam.

”Karena dengan sudah diakreditasi dan mendapatkan nilai yang memuaskan, tentu akan lebih diakui masyarakat. Program pendidikan pun lebih maksimal,” paparnya.

Ia berharap delapan standar yang dinilai tim akreditasi selama dua hari bisa meraih nilai A.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Bogor, Ruhiyat Sujana, mengungkapkan, akreditasi merupakan salah satu dari program pemerintah dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang memperhatikan delapan standar pendidikan.

Di antaranya standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, biaya, pengelolaan dan penilaian. (ads/b/suf/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *