Minta Bantuan Hukum, PDAM Tirta Kahuripan Gaet Kejari

by -39 views
KERJA SAMA: Direksi, Dewan Pengawas dan pegawai PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor foto bersama Kejari Cibinong usai meneken MoU terkait bantuan hukum, pertimbangan hukum dan bentuk lainnya yang berkaitan dengan hukum.

METROPOLITAN – PDAM Tirta Kahuripan menggandeng Kejaksaan Negeri Cibinong untuk urusan hukum perdata dan tata usaha negara (TUN). Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, Hasanudin Tahir menjelaskan, PDAM membutuhkan bantuan hukum dari kejaksaan karena perusahaan berplat merah tersebut bergerak di bidang jasa, di mana tuntutan dari perdata acap kali terjadi. “Kita bentuk kegiatan ada tiga, yaitu bantuan hukum, pertimbangan hukum dan bentuk lainnya yang berkaitan dengan hukum,” katanya kepada Metropolitan seusai melakukan penandatanganan MoU dengan Kejari Cibinong di kantor PDAM Tirta Kahuripan, kemarin.

Ia berharap dengan adanya nota kesepahaman, Kejari bisa membantu PDAM dalam hal kajian hukum. Karena menurutnya, Kejari adalah salah satu instansi yang tepat jika dimintai bantuan hukum, karena selain kompeten juga dilindungi undang-undang. “Saat ini juga kami sedang menjalani beberapa kasus. Walaupun sudah memiliki tim kuasa hukum, tapi kami juga akan tetap meminta bantuan kepada kejari,” jelasnya.

Kepala Kejari Cibinong Bambang Hartanto menjelaskan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 16 tahun 2004, Kejari memiliki fungsi sebagai lembaga bantuan hukum untuk BUMD, BUMN ataupun instansi lainnya. “Kami berharap ke depannya kita bisa bekerjasama dalam hal legal audit atau audit hukum di PDAM Tirta Kahuripan,” imbuhnya.

Maksud dari legal audit atau audit hukum menurutnya bukan untuk menelanjangi PDAM, tetapi untuk mengecek apakah peraturan yang ada di PDAM sudah baik atau masih kurang. Sebab selama 38 tahun, PDAM Tirta Kahuripan berdiri pastinya harus ada perubahan peraturan. “Saya kira kedepan kita masih harus banyak belajar, terutama soal hibah dan kerjasama, agar tidak ada kasus seperti yang Korea,” pungkasnya. (cr2/b/els)