Olimpiade Humaniora Nusantara Digelar di Bogor

by -75 views

METROPOLITAN.id – SMART Ekselensia Indonesia menghelat yaitu Olimpiade Humaniora Nusantara (OHARA) di Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa Kemang, Kabupaten Bogor.

Mengangkat tema ‘Kreasikan Uniknya Budaya bangsa’, kegiatan tahunan berskala nasional ini digelar selama dua hari mulai 23-24 Oktober 2019.

Tema tersebut sengaja diambil untuk mengangkat kembali budaya Indonesia yang kaya akan nilai-nilai luhur, dipadu dengan unsur kreativitas generasi muda bangsa.

Kegiatan yang dikhususkan untuk siswa siswi SMP sederajat ini diikuti 700 peserta dari berbagai penjuru nusantara. Peserta terjauh datang dari Samarinda dan Makassar, Sulawesi Selatan.

Direktur Pendidikan Dompet Dhuafa Muhammad Syafi’ie el-Bantanie mengatakan, OHARA 2019 merupakan kegiatan pengaplikasian nilai-nilai kemasyarakatan dan sosial yang mulai jarang ditemui pada generasi muda.

Ia juga menekankan betapa pentingnya menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Para peserta berkompetisi memperebutkan Piala Gubernur Jawa Barat juga uang pembinaan bernilai puluhan juta Rupiah. Dengan ketegori perlombaan seperti Lintas Nusantara (Lintara), Opera Van Jampang (OVJ), Story Telling, Festival Akulturasi Kulier Nusantara (FAKN), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Dokumenter Budaya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Tatang Kurnia sekaligus meresmikan acara OHARA 2019.

“OHARA merupakan ajang kompetisi yang sangat positif bagi siswa sekolah menengah di tengah maraknya berbagai pemberitaan negatif mengenai pelajar di Tanah Air,” tutur Tatang.

Dirinya berharap OHARA mampu mewadahi berbagai hal positif yang dimiliki generasi muda Indonesia. (yos/a/fin)

Loading...