Operasi Zebra Lodaya 2019 Dimulai 23 Oktober, Sasar Pengendara Bandel

by -92 views

METROPOLITAN.id – Satlantas Polres Bogor bakal menggelar Operasi Zebra Lodaya 2019 selama 14 hari mulai 23 Oktober 2019 – 5 November 2019.

Operasi ini akan memberlakukan penindakan berupa teguran hingga tilang bagi pengendara bandel.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Fadli Amri mengatakan, dalam Operasi Zebra Lodaya ini, Satlantas Polres Bogor bakal mengutamakan penindakan berupa tilang kepada para pelanggar.

Langkah ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Dalam operasi ini, pihaknya juga melibatkan instansi lain seperti Polisi Militer, Dishub hingga Satpol PP.

Untuk sasarannya sendiri, operasi ini bakal mempelototi pengendara bandel. Seperti pengendara yang tidak memakai sabuk pengaman, pengendara di bawah umur, berkendara dalam keadaan mabuk, melawan arus, melebihi batas kecepatan, tidak pakai helm, main HP saat berkendara hingG menggunakan strobo atau rotator.

“Kami berharap operasi ini bisa menumbuhkan kesadaran pengendara, khususnya di wilayah Bogor, agar taat berlalu lintas. Sebab sebagian besar kecelakaan diawali dengan pelanggaran lalu lintas,” terang Fadli.

Menurutnya, operasi ini berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia. Selain menekan angka pelanggarab lalu lintas, operasi ini juga bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban jelang Pilkades Serentak 2019.

“Seluruh personel hingga ke polsek akan dilibatkan, jumlahnya sekitar 200-an personel. Masyarakat agar melengkapi surat-surat kendaraan dan juga tertib berkendara,” pungkasnya. (dtk/fin)