Optimalkan Pemerataan Infrastruktur Desa

by -
SERIUS: Rapat Musrenbang 2019 yang akan direalisasikan 2020 mendatang di Desa Warujaya

METROPOLITAN – Rapat putusan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) 2019 untuk Tahun Anggaran Pendapatan Belanja Negara  (TAPBN) 2020 mendatang sukses dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes) Warujaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor.

Kegiatan yang diselenggarakan di aula desa ini diikuti 27 Ketua RT, 7 Ketua RW,  staf desa, BPD, LPM, Karang Taruna, PKK, hingga perwakilan masyarakat desa.  Operator Musrenbang Desa Warujaya Robby Imanta menuturkan, pembahasan rapat ini  menerangkan tentang penggunaan penyerapa  Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020 mendatang yang akan diserap untuk kemashalatan kepentingan warga.

“Seperti pemerataan akses infrastruktur. Alhamdulilah tahun ini sudah 80 persen. Insha Allah tahun depan (2020, red) sudah menyentuh 100 persen diseluruh lingkungan warga,” tururnya kepada Metropolitan.

Dia menambahkan selain pembahasan infrastruktur, rapat ini membahas aspirasi warga desa, baik pemberdayaan, hingga menggali potensi di Warujaya. Termasuk, menerangkan hasil laporan pembangunan penyerapan Dana Desa (DD) I dan II APBN 2019.

“Harus ada pengembangan. Untuk itu perencanaan harus dimatangkan dengan baik satu tahun sebwlumnya,” terangnya lagi.

Adapun, kebersihan lingkungan juga dibahas agar dijaga dengan baik. Hal ini, agar kebiasaan bersih menjadi budaya kebersamaan untuk menjaga lingkungan, agar warga desa lebih baik dan maju diwaktu mendatang.  “Dengan lingkungan bersih, kesehatan diharapkan dapat terjaga dengan baik,” bebernya.

Sementara itu, Pejabat Sementara Kepala Desa (Pjs Kades) Warujaya Ismail menambahkan, untuk itu selain pembahasan infrastruktur, dan pemberdayaan, rapat ini membahas juga sosial, ekonomi dan kesehatan. “Hal ini menjadi poin dalam musrenbang tahun ini. Semoga, berjalan baik untuk kebermanfaatan warga,” tukasnya. (yos/c/suf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *