Pelantikan DPR dan Presiden Dijaga Ribuan Personel TNI

by -27 views

METROPOLITAN.id – Ribuan anggota TNI akan mengamankan momen pelantikan anggota DPR, MPR dan Presiden-Wakil Presiden periode 2019-2024. Apel persiapan pengamanan itu digelar di Pangkalam Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (30/9).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memimpin apel yang dihadiri tiga matra TNI, baik darat, laut dan udara. Menurutnya, selain pengamanan agenda pelantikan, apel kali ini sekaligu untuk persiapan menyambut HUT TNI pada 5 Oktober 2019. Acara akan dilakukan di Lanud Halim Perdanakusuma.

“Pagi ini saya ambil apel kesiapan pasukan, kurang lebih 8000 prajurit dari 3 Matra, dan rencana upacara HUT TNI ke 74 itu kita laksanakan komplit ya, cuma nggak ada kekuatan laut karena di Halim (acaranya). Mulai dari parade, defile, dan ranpur, termasuk pesawat terbang,” kata Hadi.

Dalam pengaman, personel akan ditarik ke luar dari Gedung DPR/MPR RI, Senayan Jakarta Pusat. Personel pun akan disebar di beberapa titik pengamanan.

“Pasukan kita pertebal, titik-titiknya masih sesuai yang kita rencanakan, tapi tidak masuk ke dalam tapi kita tarik ke luar, lalu pintu utama DPR MPR, Pejompongan, perempatan Slipi kita perkuat, stasiun kereta api,” terangnya. (ktr/fin)