Pemdes Cinagara Genjot BUMDes hingga Bangun Infrastruktur

by -25 views

METROPOLITAN – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Raga Kita Mandiri di Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, siap bergerak di 2019 ini.

Lembaga berpayung hukum ini bakal bergerak pada sektor perdagangan, dengan mengelola showroom kendaraan roda dua (motor, red).

Tujuannya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Kepala Desa (Kades) Cinagara Raga Burhanudin mengatakan, BUMDes tersebut disuntik Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 senilai Rp100 juta.

”Kami yakin program ini berjalan. Tentu didukung kerja sama yang baik juga oleh pengurus BUMDes,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Raga menjelaskan, di Cinagara terdapat spot lokasi bumi perkemahan. Nantinya seluruh kegiatan akan dinaungi BUMDes Raga Kita Mandiri.

”Lokasi ini menjadi tempat edukasi. Belum lama ini, ada 300 mahasiswa UI yang ke tempat tersebut. Tepatnya di Kampung Babakan, RT 01/06,” jelasnya.

Sementara di lain hal, Raga mengaku pihaknya pada penyerapan APBN 2019 sudah membidik beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur desa.

”Di antaranya pembangunan jalan desa, jalan lingkungan, gedung pendidikannya, pembinaan dan pemberdayaan. Ya 70 persen untuk infrastruktur,” pungkasnya. (yos/c/yok/run)