Pemdes Nyangkowek Gelontorkan Rp70 Juta untuk RTLH

by -23 views
SIBUK: Para pekerja bangunan tengah membangun rumah salah seorang penerima bantuan RTLH dari Pemdes Nyang- kowek.

SUKABUMI – Pemerintah Desa (Pemdes) Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, menyalurkan Anggaran Dana Desa (ADD) 2019 sebesar Rp70 juta untuk lima Rumah Tidak Layak Huni (RLTH).

Melalui program bedah rumah, pihaknya mencoba mengalokasikan ADD. Karena berdasarkan ekonomi warga yang mendapatkan bantuan masih membutuhkannya untuk rehab rumah.

“Kami alokasikan dari sumber ADD Tahun 2019 sebesar Rp70 juta untuk lima RTLH,” tutur Kepala Desa Nyangkowek Erik Zulkarnain.

Kelima warga yang mendapatkan bantuan perbaikan rumah yakni Herawati warga Kampung Legos RT 02/5, Putih warga Kampung Warungceuri RT 1/02, Orang warga Kampung Asgora RT 05/01, Madhani warga Warungceuri RT 03/02 dan rumah Jaya warga Kampung Legos RT 02/05, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug.

“Tujuannya untuk membantu perekonomian warga supaya bisa memperbaiki rumahnya sehingga bisa menempati rumah tinggal yang layak huni,” imbuhnya.

Ia mengaku tiga warganya yang berbeda alamat juga mendapatkan bantuan dari Dinas Sosial (Dinsos) untuk perbaikan RTLH.

“Alhamdulillah, dengan adanya bantuan untuk rutilahu tiga unit dari Dinsos, masing-masing mendapatkan Rp10 juta,” jelasnya.

Bantuan dari Dinsos untuk rumah tiga lokasi rutilahu yakni rumah Atang (60) di Kampung Leuwinanggung RT 01/03, Ujun (50) di JKampung Asgora RT 05/01 dan rumah milik Ati (40) di Kampung Ciutara RT 02/01, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug. Anggaran Rp10 juta per unit diprakirakan tidak cukup, mengingat kerusakan rumah cukup berat. Pihaknya mencoba berkoordinasi dengan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tinggal di Kampung Ciutara untuk menggalang swadaya masyarakat.

“Saya menggalang donasi ke perusahaan. Alhamdulillah perusahaan swasta dapat 15 sak semen dan saya distribusikan ke tiga titik, masing-masing mendapatkan lima sak semen,” pungkasnya. (win/ade/suf/run)

Loading...