Pemkab Bogor Bersihkan Sungai Cikeas

by -20 views
TINJAU: Petugas DLH Kabupaten Bogor tengah meninjau tumpukan sampah yang memadati Sungai Cikeas

METROPOLITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor membersihkan tumpukan sampah yang memenuhi Sungai Cikeas, kemarin. Pengangkutan sampah yang didominasi sampah kayu itu dilakukan di Bendungan Koja, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunugputri, Kabupaten Bogor.

Sekretaris DLH Kabupaten Bogor, Anwar Anggana, mengatakan pengambilan sampah bambu yang hanyut dari hulu di Sungai Cikeas sudah berlangsung sejak dua hari atau Selasa (15/10). Pengerjaan tersebut melibatkan beberapa instansi terkait dari wilayah Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi. “Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi semuanya ikut turun untuk membersihkan sampah di bendungan Koja. Sampah bambu itu hampir menutupi bendungan Koja,” kata Anwar Anggana.

Menurutnya, sampah bambu ini menjadi penyebab banjir yang terjadi di sekitar bantaran Jati Asih, Kota Bekasi. Untuk itu, pihaknya bersama Pemkot Bekasi akan terus melakukan pengangkutan sampah hingga Sungai Cikeas normal kembali (tanpa ada tumpukan sampah kayu). “Bisa sampai besok (hari ini). Kita akan terus upayakan agar Sungai Cikeas normal lagi,” ujarnya.(mul/b/rez/py)