Peneliti Asing Kumpul di Kampus IPB Dramaga

by -39 views

DRAMAGA – Peneliti IPB University, University of Putra Malaysia, Singapore University of Social Sciences dan University Ghent, Belgia dan Prague University berkumpul untuk membahas perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) ke depan di sektor pertanian. Diskusi tersebut dikemas dalam Internasional Conference on Human Ecology 2019, ‘Human Capital and Agri Maritime Innovation Development in the Global Era’ di Kampus Dramaga, kemarin.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB University, Drajat Martianto, menjelaskan langkah-langkah IPB University dalam merespons era industri 4.0. Ada empat strategi yakni sistem pendidikan 4.0 dengan meninjau kembali kurikulum, menyiapkan kurikulum adaptif, mengembangkan program dan profesi studi baru.

“Selain itu, kapasitas membangun staf akademik dan mengembangkan pembelajaran virtual dan membeberkan beberapa inovasi berbasis industri 4.0 yang mulai diaplikasikan di berbagai sektor pertanian, ” paparnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB University, Profesor Ujang Sumarwan, menyampaikan Fakultas Ekologi Manusia IPB University memiliki mandat untuk mengembangkan pengetahuan tentang komunitas, keamanan, pendidikan anak-anak, pendidikan konsumen, nutrisi, kebijakan pangan, keluarga komunikasi dan pengembangan masyarakat.

”Manusia dalam konteks perubahan sosio ekosistem teknologi dan budaya adalah perhatian utama, mengingat tidak terbatasnya kebutuhan masyarakat serta kelangkaan sumber daya alam, ” katanya.

Ujang melanjutkan, cara ini untuk menghimpun pemikiran bagaimana Indonesia menghadapi perkembangan pertanian ke depan. Untuk itu, diperlukan SDM yang berkualitas. Melalui acara ini, maka akan menghimpun pemikiran ahli kontribusi dan perkembangan SDM di aspek agromaritim. (*/els/py)