PNS Pemkab Bogor Ngantor Pakai Sarung

by -148 views

METROPOLITAN.id – Sejumlah aparatur pemerintahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengenakan sarung saat ngantor, Selasa (22/10). Sementara pegawai perempuan nampak mengenakan pakaian muslim.

Rupanya, nuansa tersebut untuk Hari Santri Nasional 2019. Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN di lingkungan Pemkab Bogor berkantor mengenakan baju koko dan kain sarung bagi laki-laki dan pakaian muslimah bagi perempuan.

“Sesuai surat edaran Pak Gubernur Jawa Barat dan Keputusan Presiden, bahwa pada Hari Santri seluruhnya harus menggunakan pakaian muslim dan muslimah,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Burhanudin.

Lelaki yang akrab disapa Burhan ini menjelaskan, peringatan Hari Santri 2019 sangat istimewa. Sebab, adanya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

“UU Pesanten memastikan bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan, tapi juga fungsi dakwah dan pengabdian masyarakat. Negara hadir agar pesantren menjaga kekhasan dan kemandiriannya,” pungkasnya. (fin)