Proyek Tol Bocimi Seksi II Dikeluhkan Warga

by -1.1K views
TERCEMAR: Warga saat memperlihatkan air resapan yang keruh akibat proyek Tol Bocimi Seksi II.

SUKABUMI – Warga Kampung Kuta, RT 02/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicugur, Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan proyek pembanguna Tol Bocimi Seksi II. Keluhan itu disampaikan lantaran air resapan yang sudah digunakan warga puluhan tahun saat ini kondisinya keruh. “Air resapan kami jadi keruh karena terkena dampak aktivitas cut and fill proyek Bocimi,” keluh warga sekitar, Aji Ramdoni, di lokasi air resapan, kemarin.

Menurutnya, kekeruhan terjadi akibat sumber air tertimbun tanah dampak pengerjaan cut and fill. Sehingga saat ini warga kesulitan mendapatkan air bersih dari air resapan. “Sejak kakek dan nenek kami ada, air resapan ini sangat diandalkan. Saat ini ada sekitar 80 KK yang masih memanfaatkan air resapan. Kami meminta pertanggungjawaban dari pihak proyek,” tegasnya.

Pertanggungjawaban yang dimaksud, sambungnya, adalah pekerja proyek memberitahukan terlebih dahulu ke warga saat akan melakukan pengerjaan dengan alat berat. Sehingga warga bisa menutup terlebih dahulu aliran air resapan ini.

Ini kan boro-boro ngasih tahu, tiba-tiba keruh saja. Apalagi pengerjaan dengan menggunakan alat berat sampai malam hari, warga sangat kebisingan. Setidaknya kasih tahu dulu ke warga, tolong air ditutup. Setelah kelar, baru dialirin lagi,” pintanya. (win/ade/rez/run)