Sedan Terguling dan Hangus Terbakar di Jalur Tegar Beriman Bogor

by -92 views

METROPOLITAN.id – Sebuah sedan terguling di Jalan Raya Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (14/10) pagi. Tak hanya itu, kendaraan dengan nomor polisi B1773VRA itu terbakar nyaris di seluruh bagiannya.

Informasi yang dihimpun, kecelakaan terjadi sekitar pukul 09:00. Sedan tersebut diketahui dikemudikan oleh salah satu anggota Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor.

Sebelum mengalami kecelakaan, sedan tersebut sempat bertabrakan dengan motor.

Tak lama kemudian, petugas datang untuk melakukan evakuasi pengemudi sedan yang masih berada di bangku kemudi.

Petugas lantas memecahkan kaca bagian depan untuk menyelamatkan sang sopir. Setelah berhasil dievakuasi, sopir tersebut langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan.

Tak lama berselang, sedan tersebut terbakar. Petugas pun dengan sigap menjinakkan api lewat unit pemadam yang sudah disediakan.

Rupanya, insiden kecelakaan itu hanya simulasi semata yang dilakukan Disdamkar Kabupaten Bogor. Simulasi ini dilakukan sebagai bentuk latihan agar selalu siap siaga menghadapi kecelakaan lalu lintas.

Sebab, tugas Dinas Damkar tak hanya menangani kebakaran, akan tetapi banyak hal, termasuk kecelakaan.

Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan, Penanggulangan Kebakaran pada Dinas Damkar Kabupaten Bogor Muhammad Lukman menjelaskan, simulasi ini merupakan Trafic Accident. Tujuannya, untuk berusaha semaksimal mungkin menolong orang yang terjadi kecelakaan di jalan raya dengan cepat.

“Kami juga lakukan koordinasi dulu dengan polisi dan Dishub sambil evakuasi berjalan. Dengan peralatan yang seadanya, namun evakuasi berjalan lancar. Anggota juga sudah mahir dalam mengevakuasi,” kata Lukman.

Dalam evakuasi kecelakaan lalu lintas, anggota Dinas Damkar juga punya target durasi evakuasi. Selain harus cepat, ketelitian juga ditekankan bagi para anggota agar evakuasi tidak menimbulkan kesalahan kerja.

“Secepat mungkin lima menit, paling lama itu sepuluh menit untuk evakuasi. Mungkin dengan peralatan yang lebih canggih lagi, bisa lebih cepat kita evakuasinya,” pungkasnya. (cr2/a/fin)