Sederet Kuliner Khas Palembang

by -83 views

METROPOLITAN – Kalian semua masyarakat Indonesia pasti tahu dong jika Palembang merupakan kota terbesar ke dua di Pulau Sumatera setelah Medan ?

Bebicara tentang salah satu kota di Indonesia yakni Palembang memang nggak enak kalo tidak membicarakan tentang kulinernya.

Yaps Palembang memang terkenal dengan kulinernya yang nikmat. Pempek itu sih sudah biasa dan memang sudah menjadi ikon kota Palembang.

Penasaran dengan berbagai kuliner Palembang lainnya? Simak sendiri nih.

1. Tekwan

Kalian pasti baru tahukan jika Tekwan dari Palembang? Nah bahan membuat tekwan hampir mirip dengan bahan untuk membuat pempek namun ukurannya lebih kecil sebesar bakso.

Tekwan disajikan bersama kuah kaldu udang yang gurih dengan tambahan daun seledri, bawang goreng, daun bawang dan potongan bengkoang serta jamur kuping.

2. Pempek

Hampir semua orang Indonesia mengenai makanan yang satu ini. Pempek memiliki cita rasa gurih yang menggugah selera. Saus pempek yang manis pedas membuat sajian makanan ini semakin lezat.

3. Laksan

Makanan selanjutnya ada laksan. Laksan disajikan mirip lontong sayur dan memiliki cita rasa yang gurih pedas menggugah selera. Laksan cocok dijadikan menu sarapan pagi atau makan siang.

Laksan terbuat dari pempek lenjer yang dipotong-potong kemudian disajikan bersama kuah gurih kaya rempah.

4. Mie Celor

Mie celor adalah sajian mie yang disajikan bersama kuah santan kental dan dicampur dengan kaldu udang.

Ada tauge segar, bawang goreng dan telur dari sajian mie satu ini. Rasa mie celor sangat gurih serta menggugah selera.

5. Pindang Ikan

Pindang ikan merupakan makanan khas Palembang yang sangat populer selanjutnya. Pindang ikan memiliki cita rasa gurih, pedas dan manis khas.

Disantap bersama nasi putih hangat, pindang ikan akan semakin menggugah selera.

6. Sambal Tempoyak

Sambal tempoyak juga merupakan makanan khas Palembang yang sangat populer. Sambal tempoyak terbuat dari sambal yang dicampur dengan daging durian kemudian ditumis hingga matang.

Sambal tempoyak memiliki cita rasa khas dan unik. (ayu/tipstren)